PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG)
Korporasi

Grup Bakrie: Anak Usaha Energi Mega Persada Jual Beli PI Blok Malacca Strait

  • Anak usaha Grup Bakrie, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), EMP Malacca Strait S.A (EMSA) dan PT Imbang Tata Alam (SPA) telah melakukan penandatangan Sale And Purchase Agreement dan Deed of Assignment (SPA) terkait pengalihan partisipasi interes EMSA kepada ITA.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Anak usaha Grup Bakrie, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), EMP Malacca Strait S.A (EMSA) dan PT Imbang Tata Alam (SPA) telah melakukan penandatangan Sale And Purchase Agreement dan Deed of Assignment (SPA) terkait pengalihan partisipasi interes EMSA kepada ITA.

Pengalihan partisipasi interes tersebut sejumlah 56,968% pada PSC Blok Malacca Strait berikut operatorship atas pengelolaan Blok Malacca Strait PSC tersebut pada  ITA.

Direktur Utama Energi Mega Persada Syailendra S. Bakrie mengatakan pengalihan partisipasi interes tersebut telah disetujui oleh pemerintah pada 8 Oktober 2021 melalui SKK Migas yang diterima perseroan pada 16 November, sehingga menjadikan ITA sebagai kontraktor tunggal dan sekaligus operator pada Blok Malacca Strait PSC.

"Dengan adanya pengalihan tersebut maka ITA telah memegang secara keseluruhan hak dan kewajiban yang sebelumnya terbagi dua dengan EMSA," kata Syailendra dalam surat kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dikutip Rabu, 15 Desember 2021. 

Adapun perubahan komposisi pada partisipasi interes dan operator pada PSC Blok Malacca Strait, yang sebelumnya EMSA 56,968% dan operator ITA 43,032%, berubah menjadi ITA100% dan operator.

Pengalihan partisipasi interes dan operator ini tidak berdampak pada perubahan penerima manfaat atas PSC Malacca Strait dan tidak terjadi perubahan pengendalian secara efektif mengingat perseroan saat ini memiliki dan mengendalikan secara penuh EMSA dan ITA.