<p>Blok minyak dan gas milik PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) dari Grup Bakrie / Emp.id</p>
Korporasi

Grup Bakrie: ENRG Rights Issue Rp1,82 Triliun, Siap Perbesar Porsi Migas Blok Kangean

  • Emiten migas, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mengumumkan bahwa pihaknya telah memperoleh pernyataan efektif atas penawan umum terbatas (PUT) melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten migas, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) mengumumkan telah memperoleh pernyataan efektif atas penawan umum terbatas (PUT) melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan dokumen yang ditandatangani oleh CEO ENRG, Syailendra Bakrie dan CFO ENRG, Edoardus Windoe, perseroan telah memperoleh pernyataan efektif tersebut pada 22 Juni 2021.

Dalam aksi korporasi itu, perseroan akan menerbitkan 14.479.050.978 lembar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp126 per lembar. Sehingga, emiten Grup Bakrie ini berpotensi meraup dana hingga Rp1,82 triliun melalui PUT tersebut.

“Setiap pemilik 100 saham ENRG yang ada saat ini berhak untuk membeli 140 saham saham baru yang diterbitkan dalam transaksi PUT ini,” ujarnya, dikutip Kamis, 24 Juni 2021.

Pembeli siaga dalam PUT tersebut yakni PT Bakrie Kalila Investment. Perusahaan ini mengaku telah bersedia membeli saham-saham baru yang akan diterbitkan nanti, apabila pemegang saham terkait tidak menggunakan haknya.

Rencananya, sebanyak US$43,5 juta dana hasil rights issue ini akan digunakan perseroan untuk mengakuisisi kepemilikan 25% saham EMP Inc dari Kinross International Group. Kedua perusahaan ini diketahui memiliki serta mengoperasikan Blok Kangean di Jawa Timur.

“Saat ini, perseroan telah memiliki saham EMP Inc sebesar 50 persen. Maka, setelah proses PUT ini, ENRG akan memiliki 75 persen saham EMP Inc,” tambahnya.

Sementara itu, sekitar US$44,34 juta bakal digunakan untuk melunasi pinjaman kepada kreditur. Sisanya, sebanyak US$37,36 juta akan dialokasikan untuk mendanai kebutuhan modal kerja ENRG maupun anak usaha. (SKO)

Jadwal Rights Issue ENRG

– Cum Date di Pasar Reguler dan Negosiasi: 30 Juni 2021

– Cum Date di Pasar Tunai: 2 Juni 2021

– Ex Date di Pasar Reguler dan Negosiasi: 1 Juli 2021

– Ex Date di Pasar Tunai: 5 Juli 2021

– Tanggal Pencatatan di BEI: 6 Juli 2021

– Periode Pelaksanaan: 6 – 14 Juli 2021