<p>PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) pemilik ritel modern Ranch Market dan Farmers Market / Farmersmarket.co.id</p>
Korporasi

Grup Djarum: E-Commerce Blibli Rampung Tender Wajib Saham Ranch Market Rp780,2 Miliar

  • E-commerce Grup Djarum milik konglomerat Keluarga Hartono, PT Global Digital Niaga (Blibli) telah menyelesaikan kewajiban pelaksanaan Penawaran Tender Wajib (PTW) atas saham ritel Ranch Market dari PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) dengan melakukan transaksi pembelian dari para pemegang saham yang berpartisipasi dalam tender offer.
Korporasi
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - E-commerce Grup Djarum milik konglomerat Keluarga Hartono, PT Global Digital Niaga (Blibli) telah menyelesaikan kewajiban pelaksanaan Penawaran Tender Wajib (PTW) atas saham ritel Ranch Market dari PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) dengan melakukan transaksi pembelian dari para pemegang saham yang berpartisipasi dalam tender offer.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima TrenAsia.com, Senin, 3 Januari 2021, nilai pembelian saham seluruhnya sebesar Rp780,2 miliar. Jumlah saham yang ditransaksikan sebesar 305.964.600 lembar atau 19,56% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam RANC.

Seletah melakukan pengambilalihan atas RANC pada tanggal 30 September 2021 lalu, Blibli harus melakukan tender offer dengan membeli 51% saham RANC. Dengan Pengambilalihan tersebut merupakan upaya untuk pengembangan usaha dengan terus memperluas ekosistem bisnis, dan memberikan solusi yang komprehensif bagi para pelanggan, mitra sellers dan brand partners.

Selain itu pengambilalihan saham ini termasuk strategi bisnis yang diharapkan mendorong pertumbuhan pendapatan serta skala bisnis Blibli.com secara sehat. Kegiatan usaha RANC dapat memperkaya portofolio produk, sekaligus memperkuat solusi omnichannel Blibli.

Lebih lanjut, pengembangan layanan secara omnichannel ini nantinya turut melibatkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sebagai bagian dari pemasok RANC melalui ekosistem teknologi Blibli sehingga para pelaku UMKM juga dapat memiliki kesempatan memperluas distribusi produknya ke seluruh Indonesia.

Blibli yakin dengan reputasi, kinerja dan potensi RANC yang positif, semakin memantapkan peluang dalam membesarkan pangsa pasar yang akhirnya memacu pertumbuhan bisnis kedua pihak. Dengan dilakukannya transaksi tersebut, kepemilikan Blibli atas RANC meningkat yang semula adalah 51% menjadi 70,56%.

Pada 30 September 2021, perusahaan e-commerce milik Grup Djarum ini telah resmi mengambilalih 51% saham RANC dengan nilai transaksi mencapai Rp2,03 triliun. RANC sendiri merupakan pengelola supermarket modern Ranch Market dan Farmers Market.