Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (tengah) bersama perwakilan Emtek (kiri) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis 15 Juni 2023.
Industri

Grup Emtek Pegang Hak Siar Liga 1 2023/2024

  • Grup Emtek (Elang Mahkota Teknologi) kembali menjadi pemegang hak siar Liga 1. Terdapat 314 pertandingan Liga 1 2023/2024 yang akan disiarkan sepanjang musim.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Grup Emtek (Elang Mahkota Teknologi) kembali menjadi pemegang hak siar Liga 1. Terdapat 314 pertandingan Liga 1 2023/2024 yang akan disiarkan sepanjang musim. Kualitas siaran musim ini diharapkan dapat meningkat sehingga dapat menambah nilai jual Liga 1. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan pemilihan pihak broadcast yang handal menjadi salah satu faktor pendorong kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 selain dukungan pemerintah, PSSI dan sponsor. Menurut dia, dukungan dari sejumlah lini tersebut harus dimanfaatkan agar Liga 1 menjadi nomor wahid di Asia Tenggara.   

Erick mengatakan apabila komersialisasi berjalan lancar, maka liga bakal punya pendanaan yang kuat sehingga kualitas pun terdongkrak. “Terobosan paling utama menyangkut komersialisasi dengan kehadiran sponsor, broadcast, dan sebagainya. Namun jangan dinilai PSSI hanya memikirkan bisnis. Usaha komersialisasi didasari atas keinginan meningkatkan kualitas kompetisi liga,” ujarnya dikutip dari pssi.org, Kamis 15 Juni 2023.

Sebagai informasi, Emtek telah menjalin kerja sama dengan PSSI untuk menyiarkan kompetisi kasta tertinggi sejak 2018. Pemilihan Emtek sebagai pemegang hak siar melalui Indosiar dan Vidio diharapkan dapat menunjang aspek bisnis liga di musim mendatang. 

Siaran Lebih Atraktif

Selain kualitas siaran yang bagus, Erick mengingatkan setiap stadion perlu memiliki LED demi menaikkan visual di lapangan sehingga rating dang amber menjadi lebih bagus. Pihaknya mencontohkan organisasi sepak bola Jepang yang kini punya pendapatan US$200 juta karena dapat mengelola program dengan bagus. 

Erick juga menyebut Jerman yang memiliki pendapatan liga mencapai lebih dari US$4,2 miliar. “Artinya jika organisasi punya pendanaan yang kuat, kualitas liga akan naik,” ujar Erick. Direktur Programming Surya Citra Media (SCM), Harsiwi Achmad, menjamin siaran Liga 1 2023/2024 lebih baik dibanding musim lalu. “Tayangan kami sudah pasti lebih kinclong sebab penerimaan gambarnya sudah digital,” ujarnya.

Upaya meningkatkan kualitas siaran juga dilakukan dengan evaluasi produksi pada musim lalu. Pihaknya bakal memberikan catatan perbaikan agar pertandingan Liga 1 lebih enak ditonton. Selain itu, Emtek akan berinovsi dengan penambahan kemasan siaran dalam bentuk grafis yang atraktif. “Kami ingin standar internasional. Kami tidak mau grafisnya cuma foto pemain,” ujarnya.