<p>PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) / Dok. Perseroan</p>
Fintech

Grup M Cash Jalin Kolaborasi Bisnis Ritel ‘Kios Warga’ Milik Taspen dan Bank BRI

  • PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) yang merupakan bagian dari Grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menjalin kolaborasi dengan konsolidator bisnis warung ritel ‘Kios Warga’ yakni PT Jaring Sistema Semesta.

Fintech
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) yang merupakan bagian dari Grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menjalin kolaborasi dengan konsolidator bisnis warung ritel ‘Kios Warga’ yakni PT Jaring Sistema Semesta.

Kios Warga sendiri merupakan program usaha dan gagasan dari PT Taspen (Persero) yang mengelola Dana Pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia, berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Digitalisasi Kios Warga di desain untuk membantu pensiunan dan ASN menyiapkan masa transisi sebelum pensiun untuk menjadi usahawan di bidang ritel, produk digital dan e-commerce dengan platform end-to-end ekosistem retail digital.

Saat ini, Kios Warga sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 267 gerai yang telah beroperasi. Taspen dan BRI menargetkan pertumbuhan Kios Warga lebih dari 100.000 kios dalam waktu tiga tahun.

Dalam program ini, BRI juga menyediakan pinjaman mikro bagi para pensiunan dan ASN yang menjadi usahawan digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kios Warga.

Kerja sama Digitalisasi Kios Warga dengan DMMX di antaranya dalam penerapan Infrastruktur digital cloud dan platform digital trade marketing pada Kios Warga.

Hal ini akan menjadi tambahan usaha dan pendapatan bagi para usahawan Kios Warga dengan menjual produk digital seperti pulsa hingga token listrik.

Untuk menjalankan ekosistem digital di dalam Kios Warga, DMMX melakukan implementasi digital cloud advertising melalui pemasangan televisi digital di beberapa lokasi Kios Warga yang premium untuk dapat membawa brand lebih dekat lagi dengan toko dan konsumennya.

Direktur Utama Digital Mediatama Maxima Budiasto Kusuma mengatakan bahwa DMMX digital trade marketing platform membantu usahawan Kios Warga menambah pendapatan melalui penjualan varian produk digital dan layanan transaksi pembayaran dengan model bisnis berbagi pendapatan yang sangat menguntungkan.

“DMMX juga memberikan tambahan keuntungan melalui implementasi Digital Cloud Advertising Platform yang menayangkan iklan promosi secara real time dan dinamis dari perusahaan consumer good pada Kios Warga,” ujarnya di Jakarta, Selasa 18 Mei 2021.

SPV Layanan dan Pemasaran Taspen Tambos Hutabarat menilai kolaborasi yang dibangun antara Taspen dan DMMX dapat memberikan nilai tambah dalam membangun jaringan Digital Kios Warga yang semakin bertumbuh dan berkembang menjadi trend setter digitalisasi UMKM di Indonesia.

“Kios Warga sendiri merupakan inisiatif Taspen dalam mendorong serta memberikan dukungan bagi ASN untuk mempersiapkan masa pensiun dengan menjadi usahawan UMKM Kios Warga agar tetap dapat berkontribusi bagi masyarakat dan komunitas di sekitarnya serta mendapatkan penambahan pendapatan,” imbuhnya. (SKO)