Penampilan Ojol Bergitar disela acara pengumaman Gojek Mitra Juara di Jakarta 5 November 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Fintech

Gugat GoTo Rp2,08 Triliun, Siapa Terbit Financial Technology?

  • Nama PT Terbit Financial Technology mengemuka sejak melemparkan gugatan kepada PT Aplikasi Karya Anak Bagsa (Gojek) dan PT Tokopedia.
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Nama PT Terbit Financial Technology mengemuka sejak melemparkan gugatan kepada PT Aplikasi Karya Anak Bagsa (Gojek) dan PT Tokopedia ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat atas penggunaan nama perusahaan hasil merger yaitu GoTo.

Pertanyaannya, siapa Terbit Financial Technology? 

Hasil penelusuran TrenAsia.com, informasi terkait Terbit Financial Technology tak banyak beredar di internet. Saat ditelusuri, tidak ditemukan laman resmi dari perusahaan maupun akun resmi di LinkedIn.

Dalam gugatannya ke PN Jakpus, perusahaan ini menyatakan para tergugat telah melakukan pelanggaran hak atas merek GOTO milik penggugat yang terdaftar dengan Nomor: IDM000858218 pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Ditelisik ke laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual milik Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Terbit Financial Technology beralamat di Gedung World Trade Center II Lt. 18, Jl. Jendral Sudirman Kav. 29-31, RT. 08 RW. 03, Kec. Setiabudi, Kel. Karet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12920.

Sementara alamat surat menyuratnya berbeda, yakni di alamat COHIVE (BLVBOOK) Lt.9, Menara Prima, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung, RT.5/RW.2, Kuningan Timur, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950.

Merek GOTO milik Terbit Financial Technology berstatus didaftar, dengan tanggal pendaftaran 25 Mei 2021. Tanggal dimulai perlindungan atas merek ini adalah 10 Maret 2020 dan berakhirnya perlindungan pada 10 Maret 2030.

Adapun merek GOTO milik Terbit Financial Technology ini dideskripsikan sebagai aplikasi perangkat lunak komputer. 

Di sisi lain, merek GoTo milik Gojek dan Tokopedia juga terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI tertanggal pada 27 Oktober 2021 dengan nomor pendaftaran IDM000903101. Tanggal dimulainya perlindungan pada 5 Maret 2021 dan tanggal berakhirnya perlindungan 5 Maret 2031.

Pemilik GoTo adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang beralamat di Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lantai 6 & 7,Jl. Iskandarsyah II No. 2, Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, 12160.