Dunia

Gunakan Detektor Logam Rusak, Pria Ini Temukan Bongkahan Emas Senilai Rp600 Juta

  • Seorang pendeteksi logam telah menemukan bongkahan emas yang saat ini akan dilelang dan diperkirakan akan terjual dengan harga sekitar 30.000 poundsterling.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON- Bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan di Inggris ditemukan oleh seorang pria menggunakan alat pendeteksi logam yang rusak.

Ahli pendeteksi logam Richard Brock menemukan bongkahan emas atau yang dikenal sebagai nugget itu pada bulan Mei 2023 lalu saat menjelajahi Shropshire. Sebuah daerah di bagian barat Inggris. The Guardian melaporkan dia datang terlambat untuk bertemu dengan sesama pemburu harta karun dan menggunakan detektor yang lebih tua.

Sekitar 20 menit setelah pencariannya, Brock yang telah melakukan pendeteksian logam selama 35 tahun, menemukan nugget tersebut. Bongkahan emas tersebut memiliki berat 2,3 ons (64,8 gram) dan kira-kira lebih besar dari seperempatnya.

 “Mesin yang saya gunakan sudah cukup rusak – hanya berfungsi setengahnya,” kata Brock kepada The Guardian Kamis 28 Maret 2024. "Ini hanya menunjukkan bahwa tidak terlalu penting peralatan apa yang Anda gunakan. Jika Anda berjalan di atas temuan tersebut dan cukup waspada terhadap apa yang mungkin tersembunyi di bawah tanah, itu akan membuat perbedaan besar."

Mengingat keadaannya, Brock mengatakan dia tidak dapat mempercayainya. Namun, bagaimana emas itu sampai di sana masih menjadi misteri.

Mullock Jones, sebuah rumah lelang yang berbasis di Shropshire, saat ini menerima tawaran untuk bongkahan tersebut sebagai bagian dari lelang online, yang berakhir pada tanggal 1 April. Nugget tersebut diperkirakan akan terjual setidaknya dengan harga 30.000 poundsterling atau sekitar Rp600 juta (kurs Rp20.000).

 “Nugget itu dianggap langka ditemukan," kata Ben Jones, juru lelang dan penilai di Mullock Jones, kepada CNN. 

“Situs tersebut memang memiliki jalur jalan/kereta api tua dan terdapat sisa-sisa batu Welsh di dalamnya,” katanya. "Jadi [ada] berbagai kemungkinan bagaimana ia bisa sampai di sana."

Pada suatu waktu, sebagian wilayah tersebut pernah terendam lautan prasejarah. Ini  terbukti dengan banyaknya potongan karang yang ditemukan di sana.

Nugget emas terbesar yang pernah ditemukan di Inggris memiliki berat 4,3 ons (121,3 gram). Nugget ini ditarik dari sungai Skotlandia pada tahun 2019.