<p>Iceberg A68a/world.expeditions.com</p>

Gunung Es Terbesar di Dunia di Jalur Tabrakan dengan Tempat Perlindungan Penguin Antartika

  • ANTARTIKA- Gunung es terbesar di dunia berada pada jalur tabrakan dengan suaka margasatwa di Samudra Atlantik Selatan.  Para peneliti di British Antarctic Society (BAS) melaporkan jika gunung es raksasa itu menabrak pulau Georgia Selatan, gunung itu dapat menghancurkan hewan dan menghalangi rute pencarian makan untuk ribuan penguin dan anjing laut  hingga berpotensi mengganggu ekosistem pulau […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

ANTARTIKA- Gunung es terbesar di dunia berada pada jalur tabrakan dengan suaka margasatwa di Samudra Atlantik Selatan. 

Para peneliti di British Antarctic Society (BAS) melaporkan jika gunung es raksasa itu menabrak pulau Georgia Selatan, gunung itu dapat menghancurkan hewan dan menghalangi rute pencarian makan untuk ribuan penguin dan anjing laut  hingga berpotensi mengganggu ekosistem pulau selama satu dekade atau lebih. Pulau Georgia Selatan adalah wilayah luar negeri Inggris dan salah satu Kepulauan Sandwich Selatan

“Tentu saja ekosistem dapat dan akan bangkit kembali, tetapi ada bahaya di sini bahwa jika gunung es ini terjebak, itu bisa berada di sana selama 10 tahun,” kata Geraint Tarling, seorang ahli ekologi dengan BAS, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Live Science Sabtu 7 November 2020.

Gunung es yang dimaksud hanya dikenal sebagai A68a. Lempengan besar yang dihasilkan dari Lapisan Es Larsen C Antartika pada Juli 2017 yang  awalnya berukuran lebih dari 6.000 kilometer persegi.

Sejak itu, A68a telah melayang ke utara menuju perairan yang lebih hangat dan secara bertahap melepaskan sebagian kecil dirinya di sepanjang jalan. Pada awal April 2020 bongkahan es masih berukuran sekitar 5.100 km persegi.

Baru-baru ini, citra satelit telah melihat gunung melayang langsung menuju Georgia Selatan, sebuah pulau kecil bergunung-gunung yang berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi ratusan ribu anjing laut dan penguin.

Dengan luas permukaan yang mirip dengan A68a, ekosistem pulau bisa sangat terganggu jika gunung es tersebut mendarat. Selain melukai hewan selama tabrakan, keberadaan gunung es dapat menghalangi jalur makan dan mencari makan normal yang digunakan hewan selama musim pemeliharaan anak, kata Tarling.

Paus, anjing laut, dan penguin dalam jumlah besar mencari makan di lepas pantai Georgia Selatan. “Jarak sebenarnya yang harus ditempuh [hewan] untuk mencari makanan sangat penting,” jelas Tarling.

Peter Fretwell, spesialis pemetaan dari BAS dalam pernyataan itu mengatakan masih ada kemungkinan arus laut dapat membawa A68a di sekitar pantai pulau daripada langsung ke dalamnya. Jika itu masalahnya, maka anak anjing dan penguin di Georgia Selatan bahkan dapat melihat beberapa manfaat makanan.

Menurut Tarling, debu dalam jumlah besar di atas A68a dapat menyuburkan plankton laut di dekatnya, mengirimkan nutrisi tersebut ke rantai makanan untuk ikan, penguin, dan anjing laut. “Plankton ini juga menarik karbon dari atmosfer, sebagian mengimbangi emisi CO2 manusia,” kata Tarling.