Kaesang Pangarep.
Nasional

Gurita Bisnis Kaesang Pangarep, Putra Jokowi yang Kini Ketum PSI

  • Beberapa jenama atau brand telah didirikan Kaesang. Ada yang masih berjalan, tapi ada juga yang sudah tidak beroperasi.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Nama Kaesang Pangarep belakangan sangat ramai diperbincangkan. Hal ini setelah dia resmi menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meski baru dua hari mendaftar. 

Kabar tersebut diumumkan Kaesang dan PSI pada Senin 25 September 2023 malam. Sebelumnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu praktis tak pernah berkecimpung di politik praktis.  

Dia lebih dikenal sebagai seorang pebisnis muda, belakangan juga membeli klub sepak bola Persis Solo. Beberapa jenama atau brand telah didirikan Kaesang. Ada yang masih berjalan, tapi ada juga yang sudah tidak beroperasi. Berikut sederet bisnis Kaesang Pangarep.

Bisnis yang Masih Eksis

Sang Pisang

Sang Pisang merupakan salah satu bisnis milik Kaesang yang didirikan pada tahun 2017 silam bersama dengan Ansari Kadir. Gerai pertama Sang Pisang kala itu berada di Cempaka Mas. Produk yang ditawarkan dari Sang Pisang ialah makanan berbahan dasar pisang seperti pisang nugget, pisang goreng dengan aneka macam saos hingga lain sebagainya.

Usaha ini juga sempat di-rebranding oleh Kaesang dengan membuat logo dan tampilan baru. Logo Sang Pisang yaitu buah pisang yang terbuka separuh dengan dominan warna kuning yang cerah. Tidak ketinggalan pada pisang yang menjadi logo terdapat senyum yang menempel. Terdapat lebih dari 100 outlet Sang Pisang yang dibuka oleh Kaesang.

Mangkokku

Kaesang dan kakaknya Gibran Rakabuming Raka sempat berkolaborasi dengan salah satu Chef terkenal Arnold Poernomo membuka bisnis restoran bernama Mangkokku. Restoran ini mengangkat masakan Indonesia ke dalam kancah global. Outlet pertama restoran ini berdiri pada 20 Juli 2019 di Tanjung Duren, Jakarta. Kemudian pada Desember 2021 telah berdiri lebih dari 45 outlet Mangkokku di seluruh Indonesia.

Markobar

Markobar atau martabak Kota Barat merupakan salah satu jajaran bisnis Kaesang. Bisnis ini diwariskan kepada Kaesang oleh sang kakak kala dirinya maju sebagai peserta Pilkada Walikota Surakarta. Senada dengan namanya, bisnis ini berkutat pada olahan makanan martabak baik manis atau martabak telur.

Chili Pari

Sama seperti Markobar, Chili Pari juga merupakan salah satu usaha Kaesang yang pada awalnya merupakan kepunyaan Gibran. Kala kakaknya tersebut menjadi Walikota, usaha ini lantas diteruskan olehnya. Chili Pari bergerak pada usaha katering makanan yang bermarkas di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Usaha ini diketahui telah berdiri sejak tahun 2010 lalu.

Saham Rakyat

Kaesang dan Kevin Hendrawan mendirikan Saham Rakyat pada Agustus 2022 lalu sebagai komunitas Saham. Pada awal 2022, Saham Rakyat by Samuel Sekuritas berubah menjadi platform 'Belanja Saham' yang diklaim sebagai pertama di Indonesia.

Bisnis yang Gulung Tikar

Perjalanan bisnis dari sederet usaha yang dilakukan Kaesang tidak semuanya berjalan lancar. Terdapat beberapa usaha yang diketahui tidak berumur panjang. Berikut merupakan beberapa bisnis usaha Kaesang yang tidak lagi beroperasi.

Ternakopi

Ternakopi merupakan salah satu usaha Kaesang di bidang makanan dan minuman dengan fokus pada kopi. Bisnis ini juga merupakan salah satu warisan dari Gibran kepada adiknya kala ia menjadi Wali Kota. Sebelum COVID-19 melanda, Ternakopi memiliki hampir 40 outlet. Namun seiring waktu, bisnis ini diketahui tidak lagi beroperasi.

Goola

Senada dengan Ternakopi, Goola juga termasuk dalam jajaran bisnis Kaesang yang diketahui telah mandek. Unggahan terakhir Goola di Instagramnya pada 7 November 2020 lalu menjadikan bisnis ini menjadi tanda tanya. Goola menawarkan minuman tradisional Indonesia yang dikemas secara lebih modern.

Sang Javas

Tidak hanya bergelut pada usaha di bidang kuliner, Kaesang merambah usaha dengan berjualan kaos. Usaha ini mengangkat kaos dengan desai gambar kecebong sebab terinspirasi dari perilaku warga kala itu. Unggahan terakhir Sang Javas di akun instagramnya yaitu pada 17 Agustus 2020 lalu.