Pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang kini menjelma menjadi pengusaha lewat bendera RANS Entertainment / Facebook Raffi Ahmad
Industri

Gurita Bisnis Sultan Andhara Raffi Ahmad

  • Pesohor dengan julukan 'Sultan Andhara' ini memiliki banyak usaha di dunia digital, entertainment, fashion, food and beverage, properti, tempat wisata, hingga klub sepak bola Cilegon FC.
Industri
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - Selebritas Raffi Ahmad banyak menyita perhatian masyarakat. Bukan hanya kesuksesan kariernya di dunia hiburan Tanah Air, tetapi juga sejumlah pundi-pundi uang dari usaha yang dimilikinya.

Pesohor dengan julukan 'Sultan Andhara' ini memiliki banyak usaha di dunia digital, entertainment, fashion, food and beverage,  properti, tempat wisata, hingga klub sepak bola Cilegon FC. TrenAsia.com, merangkum perjalanan karier hingga gurita bisnis yang dimiliki Raffi Ahmad dari berbagai sumber.

Raffi mengawali karier sebagai pemain sinetron pada tahun 2002. Dimulai dari layar kaca, Raffi meningkatkan kariernya sebagai seorang bintang iklan, terjun ke dunia layar lebar, bahkan menjadi penyanyi dalam grup vokal besutan Melly Goeslaw, Bukan Bintang Biasa (BBB).

Pada tahun 2009, Raffi semakin dikenal karena kariernya di dunia presenting di salah satu acara musik di stasiun televisi swasta. Pada 2014, Raffi Ahmad menikah dengan sesama selebritas, Nagita Slavina dan membangun banyak perusahaan di Indonesia.

Perusahaan Raffi Ahmad di dunia entertainment

1. Rans Entertainment 
Rans Entertainment adalah salah satu usaha Raffi yang dibentuk sejak 2015. Rans adalah salah satu usaha Raffi di dunia hiburan dalam platform sosial media YouTube.

Melansir data dari Social Blade, kanal YouTube bernama Rans Entertainment ini diproyeksikan memiliki 22 juta suscribers, dengan pendapatan sebulan sebesar US$48.500 hingga US$776.200 setara dengan Rp688 juta-Rp11,019 miliar (kurs Rp14.200 per dolar Amerika Serikat).

2. RA Picture 
Raffi Ahmad melakukan kerja sama dengan seorang Produser Film Fransen Susanto membuat rumah produksi RA Picture pada tahun 2018.  

3. Rans Music 
Awalnya Raffi Ahmad memulai usaha Rans Music di kanal YouTube-nya. Kemudian, pada tahun 2019, dia mulai menjajaki Rans Music sebagai label rekaman. Rans Music memiliki beberapa artis besutan di dalamnya seperti Syifa Hadju, Anneth, Rafathar, Gisella Anastasia dan lain-lain.

4. Rans Animation Studio
Rans Animation Studio adalah salah satu usaha Raffi yang masuk dalam lini bisnis Rans Entertainment.

5. Rans E-Sport 
Raffi memiliki usaha di dunia digital gamers. Ia mengakuisisi beberapa tim e-Sport dibeberapa platform game Free Fire, Mobile Legends, Call of Duty Games.

Perusahaan Raffi Ahmad di dunia kuliner 

Chairman RANS Enterntainment Raffi Ahmad, Founder/CEO RANS Nagita Slavina, Co Founder RANS Dony Oskaria, Komisaris RANS Kaesang Pangarep, saat bekerja sama dengan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) milik konglomerat Eddy Kusnadi Sariaatmadja / Facebook Raffi Ahmad


1. Mangobomb 
Mangobomb adalah salah satu produk minuman mangga yang dijual di beberapa mal di Jakarta. Sayangnya, usaha kuliner ini hanya bertahan beberapa bulan saja.

2. Bakmie RN 
Memiliki beberapa cabang, Bakmie RN merupakan bisnis kuliner yang menjual mi ayam dengan sistem take away atau dijual di platform online. Sayangnya, kini Bakmie RN sudah tutup.

3. Gigieat Cake 
Saat para artis menjual aneka kue, Raffi Ahmad juga ikut terjun usaha kuliner ini yang dijual di beberapa outlet di Jabodetabek. Sayangnya, Gigiet Cake hanya bertahan satu hingga dua tahun saja.

4. Keripik Kingkong, Chipstaro, Bugo Krezz dan Nagitoz
Snack ini merupakan salah satu dari bisnis kuliner milik Raffi Ahmad berbahan dasar singkong. Snack ini dijual di salah satu ritel minimarket dengan sistem kerja sama.

5. Aa Raffi Chicken
Bisnis ayam goreng tepung dengan aneka saus dan sambal ini pun dijajaki oleh Raffi Ahmad. Sistem bisnis frenchise ini pun masih bertahan di beberapa kota di Indonesia.

6. RaDen 
Dalam bisnis makanan kemasan rice bowl ini, Raffi Ahmad bekerja sama dengan Deni Cagur.

7. Kopi Mertua & RA Street
Banyaknya bisnis coffee shop membuat Raffi membuka bisnis kopi kekinian dan caffe di kota Bandung.

8. Bruule 
Raffi juga berbisnis spagheti panggang bekerja sama dengan beberapa pengusaha kuliner ibu kota.

Perusahaan Raffi Ahmad di dunia Lifestyle

Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggadeng Youtuber Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dari RANS Entertainment / Facebook @RaffiAhmadLagi

1. GIGI by Nagita
Brand fashion wanita yang dijual secara online di e-commerce dan Instagram

2. RA Jeans 
Clothing line milik Raffi Ahmad ini menjual outfit head to toe seperti T-Shirt, Kemeja, Jaket and Jeans. RA Jeans bisa ditemui di beberapa gerai dan Departement Store.

3. Rans Masker
Sang istri, Nagita Slavina menjual masker wajah dari bahan dasar alami yang dijual sebesar Rp200.000 hingga Rp 500.000.

4. Body Spray Raffi Nagita 
Bisnis Body Spray ini juga bekerja sama dengan ritel minimarket.

5. Hijab Wear
Meningkatnya peluang bisnis fashion hijab, membuat Raffi dan Nagita membuat brand hijab dan mukena.

6. Nagita Slavina Cosmetic 
Tidak mau kalah dengan artis lainnya, Nagita membuat brand kosmetik, namun produk ini belum dirilis resmi oleh Nagita.

7. Nagita.Id 
Sang istri juga menjual berbagai produk fashion wanita termasuk sepatu dengan brand Nagita.Id.

Bisnis Lainnya

Raffi Ahmad bersama Presiden Jokowi usai menjalani vaksinasi COVID-19 di Istana Kepresidenan, Rabu, 13 Januari 2021. / Instagram @Raffinagita1717

1. Tenangin 
Obat masuk angin dengan merek Tenangin ini juga bekerja sama dengan ritel minimarket.

2. Riddis Bike
Gemar mengemudi motor gede, Raffi pun membuka showroom moge sejak 2009.

3. Rans Living 
Rans Living menjual aneka kebutuhan rumah tangga yang bisa dibeli secara online.

4. Cilegon Fc 
Raffi Ahmad mengakuisisi klub sepak bola liga 2 Cilegon FC pada Maret 2021.

5. Rans Zoo dan Gedung Rans 
Raffi Ahmad sedang membangun kebun binatang dan gedung mewah di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.  

6. Saham di berbagai perusahaan 
Raffi Ahmad pun melakukan penanaman modal atau saham atau bekerja sama di beberapa perusahaan seperti PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), Erigo Clothing, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

Simak laporan sebelumnya: ā€œPesona RANS Entertainment Milik Raffi Ahmad yang Dilirik Banyak Korporasi Kakapā€