Nasional

Guyur PLN Rp133 Triliun, Menkeu Sri Mulyani Ungkap Rinciannya

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan penggunaan anggaran negara telah digelontorkan sebesar Rp133,3 triliun kepada PT PLN (Persero).
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan penggunaan anggaran negara telah digelontorkan sebesar Rp133,3 triliun kepada PT PLN (Persero). Dana tersebut akan digunakan sebagai subsidi hingga penyambungan listrik.

Dikutip dari akun Instagram resmi Sri Mulyani, Rabu,11 Januari 2023,  ia menyebut ada sebanyak Rp56,2 triliun berupa subisidi listrik agar harga terjangkau untuk keluarga tidak mampu dengan kapasitas 450VA.

"Pajak anda #UangKita, membantu yang tidak mampu dan membangun akses pemerataan listrik ke daerah 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) di seluruh wilayah Indonesia," tulis Sri Mulyani.

Lalu pemerintah juga menggelontorkan anggaran sebesar Rp72,1 triliun yang dialokasikan untuk subsidi listrik agar harga stabil untuk kelompok 900VA ke atas.

Terakhir anggaran sebesar Rp5 triliun digunakan untuk Penyertaan Modal Negara (PMN) ataumenyambung listrik di daerah terluar dan kelompok termiskin.

Bendahara negara itu menambahkan, APBN mendukung pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Hal itu guna menurunkan emisi karbon dan mengatasi perubahan iklim. Ditambah komitmen Indonesia untuk mencapai net zero emission (NZE) di tahun 2060.