Ilustrasi motor listrik
Gaya Hidup

Habis Mudik dengan Motor, Perhatikan 5 Bagian Berikut

  • Berbagai opsi transportasi untuk kembali ke kampung halaman atau bertemu sanak saudara tidak menutup pilihan menggunakan kendaraan pribadi, hingga motor
Gaya Hidup
Azura Azka Syavira

Azura Azka Syavira

Author

JAKARTA - Berbagai opsi transportasi untuk kembali ke kampung halaman atau bertemu sanak saudara tidak menutup pilihan menggunakan kendaraan pribadi, hingga motor pun tak jarang dipilih. 

Umumnya, motor memiliki faktor menghemat pengeluaran, jadwal perjalanan yang lebih fleksibel dan sebagai sarana transportasi di kampung halaman. Hal ini sah – sah saja asalkan perawatan sang kendaraan tetap diutamakan.

Oleh karena itu berikut bagian yang wajib di berikan perhatian ekstra sehabis perjalanan mudik.

1. Pengereman 
Sebagai piranti utama yang memberhentikan laju motor, pengereman merupakan komponen yang harus segera diperiksa seusai perjalanan jauh. Perhatikan ketebalan kanvas rem dan ketinggian oli rem, pastikan masih sesuai standar yang ditetapkan pabrik. Segera lakukan penggantian jika terasa ada degradasi kemampuan pengereman. 
2. Mesin
Setelah melakukan perjalanan jauh, periksa ketinggian oli mesin dan air radiator jika motor anda menggunakan radiator. Bersihkan bagian pengapian dan katup – katup. Periksa juga bagian penyalur tenaga, baik itu rantai ataupun cvt.
3. Kelistrikan
Pada motor keluaran terbaru, umumnya sudah menggunakan sistem injeksi dimana sistem ini mengandalkan listrik dari aki untuk menyemprotkan bensin ke ruang pembakaran. Periksa tegangan aki serta kabel - kabel kelistrikan. Periksa juga panel indikator serta lampu lampu, pastikan berfungsi normal.
4. Kaki – kaki
Setelah menempuh perjalanan jauh yang mungkin bertemu aspal berlubang maupun jalan non aspal tentu akan berdampak pada bagian kaki – kaki motor. Periksa jarak main shockbreaker, sesuaikan olinya jika dirasa perlu. Periksa juga ban, jangan ragu untuk mengganti ban jika sudah terasa licin tanpa perlu menunggunya alurnya habis.
5. Eksterior body
Bagian ini mungkin sering disepelekan, namun jangan lupa untuk mencuci dan membersikan tunggangan. Hal ini dapat mencegah karat pada beberapa bagian motor. Tak lupa periksa juga baut dan seal karet pada kendaraan, pastikan lengkap dan tidak dalam kondisi yang renggang.