<p>Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek alias Elevated milik BUMN PT Jasa Marga (Persero) Tbk / Bumn.go.id</p>
Nasional

Habiskan Rp8,8 Triliun, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ditarget Rampung Medio 2022

  • JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan rampung pertengahan 2022. Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti ini akan memperlancar aksesibilitas masyarakat. “Tol ini juga akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Basuki, dalam […]

Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan rampung pertengahan 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti ini akan memperlancar aksesibilitas masyarakat.

“Tol ini juga akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Basuki, dalam keterangan resmi, Minggu, 7 Maret 2021.

Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan sepanjang 62 Kilometer (km) ini dikerjakan oleh PT Jasamarga Jakarta Cikampek (Japek) Selatan.

Tol ini membutuhkan investasi senilai Rp8,8 triliun dan terbagi dalam tiga seksi pembangunan. Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, seksi 2 Setu-Taman Mekar (24,85 km), dan seksi 3 Taman Mekar-Sadang (27,85 km).

Adapun seksi 1 dan 2 saat ini sedang dalam tahap pembebasan tanah dan ditargetkan konstruksinya rampung Juni 2022. Sedangkan seksi 3 progres konstruksinya telah mencapai 42,58 % dan ditargetkan rampung Maret 2022.

Tol Japek II Selatan ini nantinya akan menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah (APBN/APBD), investasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta.

Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki tujuh Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Keberadaan jalan Tol Japek II Selatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut.