<p>Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 9 September 2020. Raker itu membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Kementerian Pertahanan dan TNI tahun 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Hadi Tjahjanto Disebut akan Gantikan Mahfud MD

  • Saat ini, Tito Karnavian masih menduduki posisi Menko Polhukam sebagai pejabat sementara setelah Mahfud MD mengundurkan diri dari kabinet pada awal Februari 2024.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, menerima kabar tentang Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Hadi Tjahjanto, akan menggantikan Mahfud MD sebagai Menko Polhukam.

Saat ini, Tito Karnavian masih menduduki posisi Menko Polhukam sebagai pejabat sementara setelah Mahfud MD mengundurkan diri dari kabinet pada awal Februari 2024.

“Isu burungnya demikian (Hadi Tjahjanto ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam),” kata Sahroni, pada Selasa, 20 Februari 2024.

Sahroni lantas mengapresiasi atas pilihan Jokowi jika benar nantinya Hadi yang akan menjabat sebagai Menko Polhukam. “Kalau bener sih, presiden nggak salah pilih,” kata Sahroni yang juga Bendahara Umum Partai Nasdem.

Sementara itu, Hadi adalah seorang purnawirawan TNI AU, telah menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022. Dia lahir pada 8 November 1963.

Sebelumnya, Hadi menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia antara tahun 2017 dan 2021, serta sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara antara Januari 2017 dan Januari 2018.

Ia menjadi Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto. Hadi adalah lulusan Akademi Angkatan Udara pada tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada tahun 1987.

Sebelum menjabat sebagai Panglima TNI, Hadi Tjahjanto mendampingi Jokowi sebagai Sekretaris Militer. Dia juga memiliki pengalaman sebagai Irjen di Kementerian Pertahanan.

Selain itu, Hadi Tjahjanto pernah menjabat sebagai Direktur Operasi dan Latihan di Badan SAR Nasional hingga tahun 2013.