Layanan Digital SIAPKerja dari Kemnaker RI.
Nasional

Hai Jobseeker! Menaker Luncurkan Layanan Digital SIAPKerja, Simak Fiturnya

  • Kemnaker Luncurkan layanan SIAPKerja untuk mempermudah masyarakat mencari pekerjaan dan menciptakan lapangan kerja..
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) meresmikan layanan digital SIAPkerja atau Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan. Dalam layanan ini, nantinya akan ada empat fitur ketenagakerjaan, yakni Skillhub, Sertihub, Karirhub dan Bizhub. Layanan ini dihadirkan untuk mempermudah pelayanan dibidang ketenagakerjaan.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan SIAPkerja merupakan branding baru dari Kementerian Ketenagakerjaan. Layanan ini sebagai alat utama ekosistem digital untuk pelayanan ketenagakerjaan yang terintegrasi.

"Alhamdulillah, Kemnaker telah membangun Sistem Informasi Pasar Kerja dalam aplikasi SIAPkerja, dan hari ini kita akan menyaksikan bersama peresmian secara simbolis Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja),” ujar Menaker dalam keterangan resminya, dikutip Kamis, 21 April 2022.

Layanan digital SIAPkerja dihadirkan untuk menyempurnakan aplikasi yang sebelumnya sudah ada, yakni Sisnaker. Berikut ini merupakan empat fitur dan kegunaannya yang ada layanan ini.

1. Skillhub, yakni fitur yang khusus meningkatkan kompetensi angkatan kerja Indonesia agar makin tinggi dan memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja baik dari sektor industri maupun sektor lainnya. Skillhub meliputi skillingreskilling, dan upskilling.

2. Sertihub, yakni pelayanan sertifikasi dengan standar kompetensi berkualitas untuk setiap pelatihan ketenagakerjaan. Sertifikasi ini menjadi acuan bagi pencari kerja dan pemberi kerja dalam rangka reskilling dan upskilling.

3. Karirhub, yakni menghubungkan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Fitur ini diharapkan menjadi jembatan antara tenaga kerja yang kompeten, memiliki skill dan bersertifikat dengan perusahaan yang membutuhkan pegawai.

4. Bizhub, yakni fitur ini memberikan pelayanan kepada angkatan kerja yang berminat untuk berwirausaha. Fitur ini akan menghubungkannya dengan pelatihan bisnis, mentoring, jaringan usaha hingga pembiayaan modal usaha.

Mernaker menuturkan SIAPkerja dipersiapkan untuk menjadi solusi dari masalah ketenagakerjaan. Fitur-fiturnya akan mempermudah dan memperluas akses pelayanan dibidang ketenagakerjaan serta mengintegrasikan berbagai macam data dan informasi.

"Hanya saja seiring dengan berjalannya waktu, penyempurnaan platform dan kerangka kerja yang mendasarinya tentu harus dilakukan terus-menerus sesuai perkembangan kebutuhan," tutup Menaker Ida.

Berdasarkan pantauan tim TrenAsia.com, masyarakat sudah dapat mengakses layanan digital SIAPKerja melalui situs siapkerja.kemnaker.go.id. Nantinya, masyarakat akan diarahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa mencoba fitur-fitur yang ada dalam layanan digital ini.