Ilustrasi Instagram
Gaya Hidup

Hai, Konten Kreator! Siap Terima Penghasilan Rp14,51 Triliun dari Instagram dan Facebook?

  • Konten kreator bisa mulai mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil di IGTV atau IG Reels maupun live streaming mereka.
Gaya Hidup
Catra Edira Agfa

Catra Edira Agfa

Author

Kabar baik datang dari Instagram dan Facebook. Dua raksasa jejaring sosial itu siap menggelontorkan dana fantastis senilai Rp14,51 triliun kepada para konten kreator. Wow!

CEO Facebook, Mark Zuckerberg pun secara terang-terangan ingin menjadikan platformnya sebagai tempat terbaik bagi konten kreator untuk mencari nafkah.

Dengan demikian, konten kreator bisa mulai mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil di konten video mereka seperti IGTV atau IG Reels maupun live streaming.

"Facebook ingin menjadi platform terbaik bagi jutaan konten kreator untuk mencari nafkah," tulis Mark Zuckerberg seperti yang diberitakan The Verge, Rabu, 14 Juli 2021.

Mark Zuckerberg / Facebook

Cara Mendapatkan Bonus Penghasilan Sebagai Konten Kreator IG dan Facebook

Uang sebesar US$1 miliar setara Rp14,51 triliun (kurs Rp14.517 per dolar AS) tersebut akan dicairkan oleh Facebook kepada para konten kreator hingga akhir 2022.

Untuk mendapatkan bonus penghasilan, caranya cukup mudah. Konten kreator hanya perlu mengaktifkan iklan di konten video seperti IGTV atau IG Reels serta live streaming mereka.

Kapan Konten Kreator Bisa Mulai Mendapatkannya?

Masih seperti yang diberitakan The Verge, Mark Zuckerberg mengatakan, program tersedia di Instagram pada musim panas ini (sekitar Juni-September).

Sedangkan di Facebook baru tersedia pada musim gugur, yaitu sekitar Oktober-Desember mendatang.

Facebook / Istimewa

Namun sayangnya, saat ini belum semua konten kreator bisa mendapatkan bonus penghasilan tersebut. Sebab program hanya berlaku bagi konten kreator yang diundang oleh Facebook.

Bukan Anak Sultan, tapi Sudah Bisa Beli Rumah Sendiri? Begini Caranya!

Tapi tak perlu berkecil hati. Pasalnya, The Verge menilai ini merupakan langkah agresif Facebook untuk memikat para kreator untuk berkarya di platformnya.

Apalagi dengan pernyataan Mark Zuckerberg di atas, bukan tidak mungkin jika dalam waktu dekat akan semakin banyak konten kreator yang berhak mencari nafkah di Instagram dan Facebook.