Wisatawan bersantai sambil menikmati panorama pantai di Pantai Watu Bale, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu, 9 Oktober 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Hampir Rampung, Penataan Ulang Pantai Marina Labuan Bajo Capai 90 Persen

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan ulang Kawasan Pantai Marina – Bukit Pramuka Labuan Bajo dan sudah mencapai 90%.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan ulang Kawasan Pantai Marina – Bukit Pramuka Labuan Bajo sebagai ruang terbuka publik pada area Waterfront dan pengerjaannya sudah mencapai 90%.

Masing-masing penataan, Kawasan Waterfront Pantai Marina zona 1-2 dikerjakan oleh PT Wika Gedung sudah mencapai 99%. Sedangkan progres zona 3-5 dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya telah mencapai 93%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melakukan tinjauan langsung untuk melihat progres pembangunan, menekankan kepada para kontraktor untuk mengutamakan kualitas pembangunan di Kawasan Pantai Marina. 

“Tolong diawasi betul pengerjaannya secara detail agar rapi hingga penyelesaian akhir seperti pemasangan ubin dan tangga. Ini merupakan penataan area wisata yang menggunakan uang negara, tolong jangan main-main karena akan dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara,” kata Menteri Basuki dalam keterangan resmi dikutip Jumat, 24 Desember 2021.

Penataan Kawasan Pantai Marina terbagi menjadi lima zona, zona pertama Bukit Pramuka dan zona kedua Kampung Air. Lalu zona ketiga dermaga, zona keempat Kawasan Pantai Marina (Inaya Bay) dan zona kelima Kampung Ujung.

Dalam kesempatan kunjungan ke Kawasan Pantai Marina, turut hadir mendampingi yakni Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Jendral Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja.

Lalu ada juga Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Agus Sosiawan, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTT Agustinus Junianto, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT Herman Tobo, dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) NTT Yublina Dila Bunga.