Ilustrasi infrastruktur jalan tol Trans Sumatra / Dok. PUPR
Nasional

Hampir Rampung, Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 Siap Dioperasikan

  • Jalan Tol Cibitung - Cilincing seksi 2 dan 3 sudah masuk uji laik fungsi dan akan segera beroperasi.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung - Cilincing seksi 2 dan 3 hampir selesai dengan progres pekerjaan mencapai 99% dan siap untuk digunakan oleh masyarakat umum.

Berdasarkan keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jumat, 20 Mei 2022, jalan tol seksi 2 dan 3 ini telah masuk Uji Laik Fungsi (ULF) pada 6-8 April 2022.

Kegiatan ULF tersebut dilakukan sebelum jalan tol siap dioperasikan dalam rangka memastikan semua spesifikasi teknik persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas jalan tol disesuaikan dengan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing melintasi wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta dengan total panjang jalan 34,77 kilometer (km) dan terdiri dari empat seksi. Seksi 1 Simpang Susun Cibitung - Telaga Asing sepanjang 2,6 km yang telah dioperasikan pada 2021.

Sedangkan, Seksi 2 Telaga Asih - Muara Bakti 10,3 km dengan progres 99,22% dan Seksi 3 Muara Bakti - Kanal Banjir Timur 14,35 km progres mencapai 99,99%.

Selanjutnya, untuk Seksi 4 Tarumajaya - Cilincing sepanjang 7,52 km progresnya mencapai 71,79% dan ditargetkan rampung pada akhir 2022.

Jalan Tol Cibitung - Cilincing ini akan terhubung dengan ruas jalan tol lainnya seperti Jalan Tol CImanggis - Cibitung, serta menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Nantinya, konektivitas ini dapat memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Jalan tol ini juga dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan terutama dari wilayah timur Jakarta menuju utara Jakarta. Sebelumnya, dari Cibitung ke Tanjung Priok ditempuh sekitar satu jam lebih lewat Jalan Tol Jakarta - Cikampek dan Tol Dalam Kota. Dengan adanya jalan tol ini, masyarakat hanya butuh waktu setengah jam.