Peresmian Toko H&M di Panama baru-baru ini
Gaya Hidup

H&M, Adidas, dan Nike, Most Valuable Brand Terkini

  • H&M, Adidas, dan Nike, menjadi Most Valuable Brand terkini, menyisihkan ribuat merek fashion terkenal lainnya di dunia. Data pemeringkatan merek fashion terkenal itu dihitung berdasarkan valuasi merek saat ini dari merek fashion publik dan swasta dengan menggunakan metode pembuatan formula perhitungan dan tolak ukur unit untuk merek fesyen tersebut.
Gaya Hidup
Redaksi

Redaksi

Author

JAKARTA - H&M, Adidas, dan Nike, menjadi Most Valuable Brand terkini, menyisihkan ribuat merek fashion terkenal lainnya di dunia. Data pemeringkatan merek fashion terkenal itu dihitung berdasarkan valuasi merek saat ini dari merek fashion publik dan swasta dengan menggunakan metode pembuatan formula perhitungan dan tolak ukur unit untuk merek fesyen tersebut.

Menurut data, The FashionUnited Index,  H&M, Adidas, dan Nike, masuk ke dalam 10 merek fashion paling bernilai saat ini, dengan posisi puncak diduduki oleh Nike dengan valuasi merek yang mencapai US$36,8 miliar atau lebih dari Rp522 triliun pada akhir 2020.

1. Nike 

Nike merupakan salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Cristiano Ronaldo, Tiger Woods, Ronaldo, Courtois, Dungey, Hazard, Ronaldinho dan Wayne Rooney dan Michael Jordan.

Adapun produk sepatu dan pakaian olahraga Nike dengan mudah diidentifikasi oleh khas logo perusahaan, para "swoosh" tik, dan slogan "Just Do It". Berbasis dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan, Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. 

Dia mulai menjual sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai memasarkan produk untuk pelari non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa memakainya.

2. Louis Vuitton

Posisi kedua diikuti oleh Louis Vuitton dengan nilai brand mencapai  US$32,3 miliar atau setara dan lebih dari Rp458 triliun. Louis Vuitton adalah Louis Vuitton Malletier, biasa disebut sebagai Louis Vuitton atau disingkat LV, adalah sebuah perusahaan barang mewah dan rumah mode asal Prancis yang didirikan pada tahun 1854 oleh Louis Vuitton.

Label Louis Vuitton didirikan oleh Vuitton pada tahun 1854 di Rue Neuve des Capucines di Paris, Prancis. Louis Vuitton memulai dengan menjual produk seharga $10.567. Louis Vuitton mengamati bahwa koper Osilite buatan HJ Cave dapat dengan mudah ditumpuk. 

3. Hermes

Hermes kependekan dari Hennes & Mauritz AB merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi busana. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1947. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk pakaian. Bermarkas di Stockholm. Hermes telah beroperasi lebih dari 28 negara dan mempekerjakan 60.000 pekerja.

4. Gucci 

Merek ini pertama kali dimiliki oleh multimilyuner Jerilos. Pada tahun 1938 Gucci mengembangkan dan butik dibuka di Roma. Sesudah kematiannya pada 1953, Aldo menjadi peranan perusahaan sebagai pemimpin tertinggi, dibuka perusahaan butik di London, Paris, dan New York. Gucci bertepatan di Timur Jauh untuk selanjutnya melakukan perluasan pada pertengahan 1960-an, membuka pertokoan di Hong Kong dan Tokyo.

5. Zalando

Merupakan E-commerce multi nasional Jerman yang berbasis di Berlin, Jerman. Perusahaan mengikuti pendekatan platform, menawarkan produk fashion dan gaya hidup kepada pelanggan di 23 pasar Eropa. Zalando didirikan di Jerman pada tahun 2008.

6. Adidas

Adidas AG, juga dikenal sebagai adidas, adalah sebuah perusahaan sepatu Jerman. Perusahaan ini dinamakan atas pendirinya, Adolf Dassler, yang mulai memproduksi sepatu pada 1920-an di Herzogenaurach dekat Nuremberg.

Selama 68 tahun lamanya grup Adidas telah menjadi bagian dari dunia olahraga di segala bidangnya dengan menawarkan sepatu, pakaian serta beragam aksesori pelengkap olahraga yang bernilai seni pada setiap produknya. Sekarang, grup Adidas telah mengglobalisasi dan menguasai di bidang industri produk olahraga dan menawarkan portfolio yang begitu luas dari segi produk di seluruh dunia.

7. Tiffany & Co

Tiffany & Co. menurut wikipedia, adalah perusahaan ritel perhiasan dan barang-barang antik Amerika Serikat yang bermarkas di Kota New York. Perusahaan ini menjual dan menyediakan perhiasan, perak, porselen, kristal, alat tulis, wewangian, botol air, jam tangan dan aksesoris pribadi, serta beberapa barang kulit.

8. Zara

Zara adalah salah satu merek yg berasal dari Spanyol dan bermarkas di Arteixo, Gallicia. Zara didirikan pada tahun 1975 oleh Armancio Ortega dan Rosallia mera. Zara sendiri merupakan flagship store dari Inditex, yg juga memiliki beberapa merek ternama lainnya seperti:Massimo Dutti, Pull and Bear, Oysho, Uterqüe, Stradivarius dan Bershka.

9. H&M

Hennes & Mauritz AB merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi busana. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1947. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk pakaian. Bermarkas di Stockholm. Beroperasi lebih dari 28 negara dan mempekerjakan 60.000 pekerja.

10. Cartier

Cartier S.A. atau umum dikenal sebagai "Cartier" adalah produsen perhiasan dan jam mewah Prancis. Perusahaan ini tetap memakai nama Cartier meskipun sejak tahun 1964 kendali atas perusahaan ini sudah tidak berada di tangan keluarga Cartier. Cartier terkenal sebagai pembuat perhiasan terkenal.

Berikut Nilai Valuasi 10 Merek Fashion Terkenal dunia

RankBrandValuasi Brand (dalam US$ miliar)
1Nike36,8
2Louis Vuitton32,3 
3Hermes18,3 
4Gucci18,2 
5Zalando17,9 
6Adidas16,2 
7Tiffany & Co.15,2
8Zara13,5 
9H&M11,5 
10Cartier10,7