Batangan Emas Murni 99,99 Persen di Ruang Kerja di Pabrik Pemurnian dan Pembuatan Logam Mulia Novosibirsk (Reuters/Alexander Manzyuk)
Dunia

Harga Emas Naik Imbas Melemahnya Imbal Hasil Treasury AS dan Dolar

  • Harga emas naik pada hari Selasa, 21 November 2023 menyusul pelemahan dolar AS dan imbal hasil Treasury. Investor masih menantikan risalah dari pertemuan terbaru Federal Reserve untuk panduan lebih lanjut tentang prospek suku bunga.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Harga emas naik pada hari Selasa, 21 November 2023 menyusul pelemahan dolar AS dan imbal hasil Treasury. Investor masih menantikan risalah dari pertemuan terbaru Federal Reserve untuk panduan lebih lanjut tentang prospek suku bunga. 

Emas spot naik 0,6% menjadi US$1.988, 29 per ons, pada 0133 GMT. Emas berjangka AS naik 0,5% menjadi US$1.990,10.

“Dolar dan imbal hasil obligasi AS terus turun. Permintaan dari bank sentral juga cukup tinggi. Semua ini mendukung kenaikan harga emas. Pasar sedang mempertimbangkan kembali penurunan yang terjadi kemarin,” kata Edward Meir, seorang analis logam yang memberikan penelitian untuk Marex.

Dolar terpuruk di dekat level terendah lebih dari 2,5 bulan karena investor mengantisipasi penurunan suku bunga AS tahun depan. Dolar yang melemah membuat emas menjadi lebih murah bagi pemegang mata uang lain. 

Imbal hasil surat Treasury AS 10 tahun berada di dekat level terendah dua bulan yang dicapai pekan lalu. Tanda-tanda perlambatan inflasi di Amerika Serikat telah meningkatkan harapan bahwa bank sentral AS telah selesai menaikkan suku bunga.

Pasar secara luas mengharapkan Fed untuk membiarkan suku bunga tidak berubah dalam pertemuan bulan Desember dan saat ini menetapkan harga dalam peluang lebih besar dari 50% untuk penurunan suku bunga setidaknya 25 basis poin pada bulan Mei. Penurunan suku bunga mengurangi biaya oportunis untuk menyimpan emas.

“Saya pikir notulen tersebut tidak akan menimbulkan dampak berarti. Tidak akan ada pembahasan tentang pemotongan suku bunga, Jerome Powell sudah sangat jelas mengenai hal itu dalam konferensi persnya,” ujar Meir, dikutip dari Reuters, Selasa, 21 November 2023. “Ini hanya pasar yang mengharapkan pemotongan dari Federal Reserve.” 

Inflasi kemungkinan akan tetap cukup tinggi dan membuat Federal Reserve harus menjaga suku bunga tetap tinggi lebih lama daripada yang diantisipasi oleh para investor, kata Presiden Federal Reserve Richmond, Thomas Barkin.

Harga perak spot naik 1% menjadi $23,64 per ons, platinum stabil di $918,59, sementara palladium mengalami penurunan sebesar 0,2% menjadi $1.076,26.