Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat 2 saham dan 3 obligasi pada pekan ini. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Harga Minyak Melemah, IHSG Diprediksi Bergerak Menghijau

  • Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bergerak menguat pada perdagangan Selasa, 29 Maret 2022, yang mana fokus pergerakan diperkirakan akan bergeser ke sektor economic reopening setelah adanya penurunan harga minyak, setelah adanya pengumuman lockdown di Shanghai China.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bergerak menguat pada perdagangan Selasa, 29 Maret 2022, yang mana fokus pergerakan diperkirakan akan bergeser ke sektor economic reopening setelah adanya penurunan harga minyak, setelah adanya pengumuman lockdown di Shanghai China.

Berdasarkan riset Surya Fajar Sekuritas mengungkapkan, penurunan harga minyak tersebut akan menekan resiko inflasi, selain itu pasar saat ini terlihat menyambut bulan Ramadhan dan Idul fitri, sehingga dapat mendongkrak konsumsi domestik, kemudian kebijakan diperbolehkannya mudik tahun ini pasca terkendalinya COVID19 dapat memulihkan roda perekonomian dalam negeri.

Sebelumnya, Bursa Amerika bergerak menguat pada perdagangan Senin, 28 Maret 2022 lalu, Penguatan dipimpin oleh saham Tesla yang naik 8% dipicu oleh ekspektasi dividen. Pasar juga merespon positif penurunan pada harga minyak global.

Harga minyak global turun 7% akibat kekhawatiran lockdown di China yang berpotensi menurunkan permintaan, Selain itu yield surat utang tenor 5 tahun juga naik melampaui yield surat utang 30 tahun.

Kemudian Bursa Eropa bergerak naik kemarin, pasar merespon positif pernyataan presiden Ukraina yang mau untuk mendiskusikan rencana Ukraina menjadi negara netral, selanjutnya bursa Asia begerak variatif yang mana pasar mencerna penurunan harga minyak global, selain itu Meituan meningkat 11,56% setelah melaporkan kinerja yang melampaui estimasi konsensus.

Dari dalam negeri, IHSG berhasil ditutup menghijau pada Senin kemarin, yang mana pasar nampaknya mengakumulasi saham-saham economic reopening,  ASII memimpin rally dengan kenaikan 4.7%. Selain itu, saham-saham retailer bergerak atraktif dengan RALS yang naik 9.1% disusul MPPA 5.9%. Saham teknologi BUKA berhasil bergerak menguat 8.4% di hari pertama periode pembukaan lock-up. Di sisi lain, saham-saham metal bergerak melemah dengan INCO turun 1.5% dan ANTM turun 1.1%.

Secara teknikal, IHSG berpotensi bergerak pada kisaran Support 6.970 dan resistance: 7.050.

Rekomendasi Saham

TLKM: Trading Buy 
Entry Level: Rp4.570 - Rp4.600  
Stop Loss: Rp4.540
Target: Rp4.800 - Rp4.890

CENT:Trading Buy 
Entry Level: Rp240 - Rp242 <
Stop Loss: Rp232
Target: Rp260 - Rp270

SMDR: Trading Buy
Entry Level:  Rp1.380 - Rp1.400 
Stop Loss: Rp1.365 
Target: Rp1.465 - Rp1.525