Nasional

Harga Pangan Merangkak Naik, Ketersediaan Gula Aman

  • JAKARTA-Harga berbagai komoditas pangan merangkak naik di minggu pertama bulan ramadan 2022 ini.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA-Harga berbagai komoditas pangan merangkak naik di minggu pertama bulan ramadan 2022 ini.

Ketersediaan dan harga pangan memang menjadi sorotan masyarakat setelah sebelumnya ada kelangkaan pada stok minyak goreng. Tentunya membuat masyarakat menjerit dengan situasi seperti ini.

Lalu apa saja komoditas pangan yang mulai merangkak naik di minggu awal Ramadan kali ini?

Dilansir dari hargapangan Jumat (8/4), harga gula pasir lokal tembus di harga Rp14.750 per kilogram, harga ini tentunya lebih mahal dari yang dipatok oleh pemerintah atau harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp13.500.

Berdasarkan pantauan TrenAsia.com di Indomaret dan Alfamart kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan stok gula masih tersedia untuk beberapa merek tertentu.

Harga yang dipatok per kilogramnya masih sesuai dengan HET yang ditentukan pemerintah. Untuk gula pasir premium melonjak menyentuh angka harga Rp15.850 per kilogramnya.

"Stok gula ada, cuma kadang datang kadang tidak. Nunggu pengiriman bergantian, untuk harganya naik Rp1.000," Ungkap Nurul salah satu pegawai Alfamart di area Pasar Minggu kepada TrenAsia.com

Untuk bumbu dasar masakan seperti bawang putih ukuran sedang naik di harga Rp33.050 per kilogram. Sementara untuk bawang merah ukuran sedang juga naik lebih mahal menjadi Rp35.000 per kilogramnya.

Protein hewani seperti daging sapi terpantau menurun di harga Rp133.900 per kilogramnya. Daging ayam juga di harga Rp37.650 per kilogram. Telur ayam masih di harga Rp25.650 per kilogram.

"Stok aman sih masih banyak cuma memang lagi pada mahal, naik turun," ujar Harun pedagang sayur keliling

Untuk harga cabai rawit merah yang sebelumnya naik di harga Rp61.900 per kilogramnya dan cabe merah besar menyentuh harga Rp55.800 per kilogram.

Pasokan minyak terpantau aman namun harga yang dipatok masih melambung tinggi di angka Rp 26.150 per liternya. Sementara untuk minyak goreng curah masih di harga Rp19.950 per liter.