Hari Guru Nasional, Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Guru
Gaya Hidup

Hari Guru Nasional, Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Guru

  • 25 November merupakan tanggal untuk memperingati Hari Guru Nasional. Inilah beberapa film tentang guru yang bisa Anda saksikan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - 25 November merupakan tanggal untuk memperingati Hari Guru Nasional. Ada berbagai film tentang guru yang bisa Anda saksikan untuk mengisi waktu saat Hari Guru Nasional.

Berikut beberapa film mengenai guru yang bisa Anda tonton.

1. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi adalah film yang menceritakan 10 siswa pada tahun 1970-an yang berjuang di tengah kemiskinan untuk meraih masa depan dengan bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata. 

Akan tetapi, SD tersebut terancam tutup karena kekurangan murid. Namun karena satu guru, yaitu Ibu Muslimah (Cut Mini), tetap percaya bahwa ada satu lagi siswa yang mendaftar, akhirnya sekolah mereka tetap bisa berjalan. Ibu Muslimah kemudian menjadi guru ke 11 muridnya dan mendidiknya dengan ikhlas di tengah keterbatasan yang ada.

2. Taare Zameen Par (2007)

Taare Zameen Par atau Like Stars on Earth adalah film bergenre drama yang dustradarai oleh Aamir Khan dan diperankan oleh dirinya sendiri bersama dengan Darsheel Safary. Film ini mengisahkan tentang seorang anak yang mengalami disleksia, yang meski unggul dalam bidang seni, prestasi akademisnya semakin memburuk dan membuat orang tuanya mengirimnya ke sekolah asrama. Guru seni baru Ishaan yaitu Nikumbh (Aamir Khan) mencurigai bahwa Ishaan menderita disleksia sehingga ia membantunya mengatasi gangguan membaca.

3. Freedom Writers (2007)

Film drama ini dibintangi oleh Hilary Swank yang menjadi seorang guru bernama Erin Gruwell. Erin Gruwell menjadi seorang guru bahasa Inggris untuk sekolah yang terkenal reputasinya memiliki murid dengan ketegangan rasial yang meningkat sejak kerusuhan di Los Angeles. Erin berjuang membentuk hubungan yang baik dengan murid-muridnya agar tidak ada lagi perkelahian antar ras.

4. Half Nelson (2006)

Film ini mengisahkan seorang guru bernama Dan Dunne yang dibintangi oleh Ryan Gosling. Dan Dunne merupakan guru yang memiliki kehidupan pribadi yang suram, namun ia justru disukai murid-muridnya di sekolah. Hal ini karena Dan Dunne memiliki kreatifitas untuk mengajar siswanya sehingga siswanya tetap terlibat dalam proses belajar mengajar. 

5. Sokola Rimba (2013)

Sokola Rimba merupakan film yang berkisah tentang seorang guru yaitu Butet Manurung (Prisia Nasution) yang mengajar di pedalaman di tengah keterbatasan fasilitas yang ada, minat peserta didik yang kurang, dan pandangan dari orang tua murid yang menganggap bahwa pendidikan tidak lebih penting dibandingkan dengan bekerja.