Nampak pembeli tengah memilih berbagai macam jenis ikan dan hewan laut lainnya seperti udang,cumi,kepiting dan lainnya di kawasan Muara Karang Jakarta Utara, Sabtu 19 November 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Hari Ikan Nasional Jadi Momen Giatkan Program Ekonomi Biru

  • Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkap Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2022 yang akan jatuh pada Hari Senin 21 November 2022 menjadi momentum melaku
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2022 yang akan jatuh pada Hari Senin 21 November 2022 menjadi momentum giat program Ekonomi Biru.

Pada puncak pelaksanaan Harkannas 2022 di Kabupaten Parigi Moutong (Pamong), Sulawesi Tengah, akan ada penanaman mangrove yang tersebar di 88 titik.

88 titik tersebut tersebar hingga 22 KM dan akan menjadi pemecah rekor MURI.  Selain itu ada kegiatan lain yang berkaitan dengan budidaya ikan secara ramah lingkungan.

"Akan ada penanaman mangrove di 88 titik sepanjang 472 KM garis pantai di Pamong. Ini momentum yang juga kita sinergikan dengan Ekonomi Biru," kata Direktur Pemasaran Ditjen Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan KKP Erwin Dwiyana. 

Seperti diketahui Ekonomi Biru merupakan kegiatan proses budidaya yang berkelanjutan, baik secara ekonomi maupun lingkungan. 

KKP memiliki lima strategi berbasis Ekonomi Biru yaitu terkait perluasan kawasan konservasi dengan target 30 persen dari luas wilayah perairan Indonesia, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota di enam zona penangkapan dan pengembangan perikanan budidaya ramah lingkungan khususnya strategi penataan ruang laut dan pesisir.

Kemudian pulau-pulau kecil yang dapat melindungi sumberdaya pesisir dan pulau-pulau kecil dari kerusakan akibat kegiatan ekonomi dan terakhir adalah program pengelolaan sampah laut. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia