<p>Pembangunan Sirkuit Mandalika yang akan dipakai sebagai seri penutup WSBK 2021. Foto: Instagram @motogpmandalika</p>
Nasional

Hari Ini, Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

  • Presiden Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 12 November 2021, akan meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 12 November 2021, akan meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Masih pagi benar, saya meninggalkan Jakarta menuju Nusa Tenggara Barat. Hari ini saya akan meninjau sekaligus meresmikan sirkuit balap di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika: Sirkuit Mandalika," ujar Jokowi seperti dikutip dari laman instagram @jokowi, Jumat, 12 November 2021.

Dalam keterangan resminya disebutkan bahwa Jokowi akan menggunakan motor untuk mengelilingi lintasan berjarak 4,3 kilometer untuk menjajal sendiri aspal sirkuit balap motor pertama di Indonesia itu.

Motor custom yang digunakan Jokowi pun telah dipersiapkan sehari sebelumnya, namun belum diketahui secara pasti spesifikasinya.

Dari unggahan Facebook Pertamina Mandalika International Street Cicuit, terlihat motor spesial untuk Kepala Negara sudah turun di lokasi peresmian, yaitu di Sirkuit Mandalika. Dari keterangan yang ditulis pada motor tersebut, dikatakan bahwa motor akan digunakan oleh 'RI 1'.

Peresmian Sirkuit Mandalika hari ini merupakan tanda beroperasinya sirkuit tersebut. Salah satu event yang paling dekat yang akan digelar adalah Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) 2021 yang dibuka pada 12-14 November. Setelah IATC 2021, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi venue gelaran World Superbike (WSBK) pada 19-21 November mendatang.

Tahun depan, Sirkuit Mandalika akan dipakai pertama kalinya untuk ajang paling bergengsi di dunia, yaitu seri kedua MotoGP yang bakal digelar pada 18-20 Maret 2022.

Sirkuit Mandalika dikerjakan oleh PT PP Presisi Tbk (PPRE) yang sudah sesuai dengan standar internasional yang dikeluarkan oleh Federation Internationale de Motocyclisme. Lintasan sirkuit Mandalika merupakan bagian dari Proyek Pembangunan Kawasan Sirkuit Mandalika–Lombok. Sirkuit ini didesain oleh MRK1 Consulting yang berpengalaman mendesain sirkuit balap internasional.

Direktur Utama PP Presisi Rully Noviandar mengatakan pembangunan sirkuit tersebut menuntut penggunaan material aspal khusus yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA) yang baru keluar pada 2015. SMA merupakan bahan campuran aspal untuk melapisi permukaan atas aspal serta memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan.

Tipe aspal yang digunakan pun merupakan aspal yang memiliki daya penetrasi tinggi dengan Penetration (PG) 82 tahun 2015. Tipe aspal ini tidak digunakan di semua sirkuit dunia.

Selain itu, proses pengaspalan dengan metode tanpa sambungan (non-stop) dan penghamparannya juga dilakukan secara khusus dengan menggunakan 3 unit Milimeter GPS untuk menjamin kualitas permukaan dan kemiringan yang tepat.

“Hal ini sesuai dengan desain yang diawasi langsung oleh Topcon selaku position partner dari survei Milimeter GPS dan Geobrugg selaku supervisor moulding," ujar Rully.