Iilustrasi siswa sekolah dasar (SD) belajar bahasa Inggris.
Gaya Hidup

Hari Pendidikan Nasional, Begini Cara Buat Anak Semangat Belajar Setiap Hari

  • Hari Pendidikan Nasional jatuh pada hari ini, Selasa, 2 Mei 2023. Biasanya, pendidikan ini dikaitkan dengan bagaimana masyarakat berhak atas pendidikan.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Hari Pendidikan Nasional jatuh pada hari ini, Selasa, 2 Mei 2023. Biasanya, pendidikan ini dikaitkan dengan bagaimana masyarakat berhak atas pendidikan.

Meski hak atas pendidikan saat ini lebih mudah didapatkan dibanding masa kolonial, nyatanya saat ini tak semua anak merasa nyaman dengan kegiatan belajar, terutama pelajaran formal.

Meski begitu perlu dicatat, rasa ingin tahu merupakan kodrat bagi anak-anak. Hal tersebut merupakan cara mereka melihat dunia sekitarnya dan berusaha mempelajari segala informasi dan keterampilan baru setiap saat.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, minat ini mulai memudar dan bahkan menghilang. Bahkan. Beberapa anak anak yang tidak suka untuk belajar sesuatu yang baru.

Biasanya, hilangnya minat anak dalam belajar ini terjadi lantaran kekeliruan yang dilakukan oleh guru dan orangtua yang cenderung membatasi pelajaran yang diterima hanya di kelas. Padahal sejatinya, anak juga perlu banyak belajar sesuatu yang ada di luar kelas.

Untuk menjaga anak agar minat belajarnya tetap tumbuh, ini hal yang dapat dilakukan oleh orang tua.

1. Fokus pada minat anak

Setiap anak memiliki minat terhadap bidang dan mata pelajaran tertentu. Karenanya, akan lebih baik jika Anda mulai dan fokus pada bidang yang menjadi minat dari Anak Anda.

Sejatinya, kegiatan belajar akan lebih menyenangkan ketika anak berusaha melibatkan diri. Sebagai orang tua, Anda bisa mendorong anak untuk mengeksploasi topik dan mata pelajaran yang ia miliki.

Selain itu, Anda dapat menunjukkan dukungan dengan memberinya buku-buku menarik.

2. Belajar Sambil Bermain

Perlu diketahui, cara menumbuhkan semangat belajar adalah dengan memotivasinya agar mau terlibat dalam proses belajar sehingga meningkatkan rasa ingin taunya.

Melakukan kegiatan belajar sambil bermain tak hanya membuat anak lebih banyak mengembangkan kemampuan non kognitifnya, tapi juga memotivasinya untuk belajar.

3. Tanamkan Rasa Antusiasme Belajar

Sebagai orang tua, Anda wajib mengajarkan antusiasme dalam belajar. Sebagaimana diketahui, saat anak melihat ibunya belajar dengan antusias, maka anak akan melakukan hal yang sama.

Buatlah anak paham jika belajar merupakan sebuah perjalanan dalam menemukan hal baru. Saat semangat dan antusiasme tersebut berhasil tumbuh, Anak akan dapat mempelajari banyak hal baru.

4. Bangun Minat Baca dengan Cara Menyenangkan

Membaca adalah jendela dunia. Semakin banyak membaca, maka akan semakin banyak Anda mengetahui kehidupan sehingga dapat mendorong Anda untuk sukses.

Selain menambah pengetahuan, menumbuhkan minat baca dapat memberi kosa kata tambahan pada anak. Hal ini membantu otaknya untuk belajar cara memproses konsep dan komunikasi formal.