<p>Boneka Minions ditempatkan di kursi bioskop untuk menyambut penonton agar tetap menjaga jarak. / Foto: Luxurylaunches.com</p>
Nasional & Dunia

Hari Pertama Buka, Bioskop China Raup Rp6,78 Miliar

  • JAKARTA – Aplikasi penjualan tiket bioskop terbesar di China, Maoyan melpaorkan 130.000 tiket terjual secara nasional pada pukul 9 malam di hari pertama pembukaan bioskop. Penjulan ini senilai dengan US$470 ribu atau setara dengan Rp6,8 miliar. Antusias penonton bioskop ini pecah setelah pemerintah China menutup bioskop selama hampir enam bulan akibat dampak pandemi COVID-19. “Angka […]

Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Aplikasi penjualan tiket bioskop terbesar di China, Maoyan melpaorkan 130.000 tiket terjual secara nasional pada pukul 9 malam di hari pertama pembukaan bioskop. Penjulan ini senilai dengan US$470 ribu atau setara dengan Rp6,8 miliar.

Antusias penonton bioskop ini pecah setelah pemerintah China menutup bioskop selama hampir enam bulan akibat dampak pandemi COVID-19.

“Angka tersebut hanya 1,7% dari rata-rata kinerja harian Juli lalu,” tulis Maoyan, mengutip Caixing Global, Rabu, 21 Juli 2020.

Pada hari pertama pembukaan bioskop, ada dua film baru yang diputar yaitu sebuah film yang menceritakan sekelompok anak yang tumbuh di wilayah otonomi Xinjiang Uygur,dan satu lagi tentang perajin China.

Selebihnya, pemutaran film di hari perdana diisi oleh pemutaran ulang film yang sempat meledak sebelum adanya kebijakan penutupan bioskop.

Keputusan pemeirntah China membuka kembali industri film dilatarbelakangi olehsignifikannya penurunan pendapatan box office yaitu sebesar 2,25 miliar yuan pada kuartal I-2020 atau turun 87,94% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Melihat besarnya kontribusi industri film terhadap penerimaan negara dan kondisi pandemi di China saat ini, China Film Administration mengumumkan pada hari Kamis lalu bahwa bioskop dapat kembali beroperasi. Namun, pihaknya memastikan operasional bioskop berjalan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Nasib Bioskop Indonesia

Berbeda dengan di Indonesia, setelah bioskop sempat direncanakan kembali dibuka pada 29 Juli mendatang, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan kembali memperpanjang penutupan bioskop dari jadwal semula. Pasalnya, Pemprov DKI kembali memperpanjang PSBB transisi fase 1 selama dua pekan hingga 31 Juli 2020.

Selain itu, kasus positif baru di wilayah DKI Jakarta masih terbilang tinggi. Setali tiga uang, Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil belum mengizinkan pembukaan bioskop di wilayahnya. Padahal, secara nasional bioskop akan dibuka kembali pada 29 Juli 2020.

Kedua kepala daerah mengatakan keputusan tersebut berdasarkan kajian gugus tugas tingkat kabupaten/kota. Kegiatan yang bersifat atau dilaksanakan di dalam ruangan tertutup seperti bioskop dan tempat karaoke belum diizinkan beroperasi lagi.