<p>Frogmore Cottage</p>
Nasional & Dunia

Harry dan Meghan akan Ganti Biaya Renovasi Rumah Kerajaan Sebesar Rp41 Miliar

  • LONDON-Salah satu yang sempat membuat Ratu Elizabeth II bersedih dengan keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari keluarga senior kerajaan Inggris adalah karena mahalnya biaya renovasi rumah yang mereka tempati. Frogmore Cottage, yang digunakan pasangan tersebut telah menghabiskan dana raykat US$3 juta sekitar Rp41 miliar untuk perbaikan. Namun sebuah pernyataan terakhir dari kerajaan Inggris […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Salah satu yang sempat membuat Ratu Elizabeth II bersedih dengan keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari keluarga senior kerajaan Inggris adalah karena mahalnya biaya renovasi rumah yang mereka tempati. Frogmore Cottage, yang digunakan pasangan tersebut telah menghabiskan dana raykat US$3 juta sekitar Rp41 miliar untuk perbaikan.

Namun sebuah pernyataan terakhir dari kerajaan Inggris menyebutkan Harry dan Meghan sanggup untuk mengembalikan dana tersebut.

Daily Mail melaporkan, mengutip sumber-sumber kerajaan mengatakan staf di rumah pasangan itu kini sedang ditawari pekerjaan lain di rumah tangga kerajaan.

Surat kabar itu melaporkan bahwa seorang manajer rumah dan pembersih di Frogmore Cottage dipindahkan ke tugas lain. “Ini semua mengejutkan. Mereka sangat bangga bekerja untuk mereka dan berada di Frogmore, ”kata sumber itu kepada Daily Mail.

Frogmore Cottage diberikan sebagai hadiah oleh Ratu kepada pasangan setelah pernikahan mereka karena Harry dan Meghan tidak ingin tinggal di Istana Kensington dan menginginkan tempat mereka sendiri.

Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan keputusan mereka untuk mengundurkan diri dari bangsawan senior dan membagi waktu mereka antara Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada, mereka mengatakan bahwa mereka ingin terus menggunakan Frogmore Cottage sebagai tempat tinggal mereka agar mereka memiliki tempat jika di Inggris.

Namun, berita tentang staf yang diberikan pekerjaan lain di Istana Buckingham telah memicu desas-desus bahwa pasangan tersebut tidak serius untuk menghabiskan banyak waktu di Inggris.

“Tidak ada seorang pun di sini yang percaya bahwa bangsawan itu akan benar-benar kembali ke Inggris dengan cara yang bermakna,” kata  sumber kerajaan mengatakan kepada Daily Mail.

Ganti biaya

Sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (18/01) Pangeran Harry dan Meghan Markle akan mundur sepenuhnya dari tugas kerajaan mulai musim semi 2020.

Mereka akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, tetapi tidak akan lagi menerima dana publik dan berencana untuk mengembalikan dana Sovereign Grant untuk renovasi Frogmore Cottage mereka.

“Setelah berbulan-bulan percakapan dan diskusi yang lebih baru, saya senang bahwa bersama-sama kita telah menemukan jalan maju yang konstruktif dan mendukung untuk cucu saya dan keluarganya,” kata sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Istana Buckingham atas nama Ratu Elizabeth II berbunyi.

“Harry, Meghan dan Archie akan selalu menjadi anggota keluargaku yang sangat dicintai. Saya menyadari tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri, “lanjut pernyataan Ratu.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka atas semua kerja penuh dedikasi mereka di seluruh negeri ini, Persemakmuran dan seterusnya, dan saya sangat bangga dengan bagaimana Meghan begitu cepat menjadi salah satu keluarga,” kata pernyataan itu. “Ini adalah harapan seluruh keluarga saya bahwa perjanjian hari ini memungkinkan mereka untuk mulai membangun kehidupan baru yang bahagia dan damai.”

Harry dan Meghan akan beralih dari tugas kerajaan mereka mulai musim semi 2020, menurut pernyataan istana Istana Buckingham.

“Duke dan Duchess of Sussex berterima kasih kepada Yang Mulia dan Keluarga Kerajaan atas dukungan mereka yang berkelanjutan saat mereka memulai bab selanjutnya dalam kehidupan mereka. Sebagaimana disepakati dalam pengaturan baru ini, mereka memahami bahwa mereka diharuskan untuk mundur dari tugas-tugas Kerajaan, termasuk penunjukan militer resmi. Mereka tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas-tugas Kerajaan. “

“Dengan restu Ratu, Sussex akan terus mempertahankan perlindungan dan asosiasi pribadi mereka. Meskipun mereka tidak dapat lagi secara resmi mewakili Ratu, Sussex telah menjelaskan bahwa segala yang mereka lakukan akan terus menjunjung tinggi nilai-nilai Yang Mulia, ”lanjut pernyataan itu.

Pernyataan itu mengklarifikasi bahwa Harry dan Meghan tidak akan lagi menggunakan gelar HRH (His Royal Highness/Her Royal Highness)  mereka.

“The Sussexes tidak akan menggunakan gelar HRH mereka karena mereka tidak lagi menjadi anggota keluarga Kerajaan. Duke dan Duchess of Sussex telah berbagi keinginan mereka untuk membayar kembali pengeluaran Sovereign Grant untuk perbaikan Frogmore Cottage, yang akan tetap menjadi rumah mereka di Inggris, ”menurut pernyataan itu.