Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Nixon LP Napitupulu.
Nasional

Harta Dirut Anyar BTN Nixon Napitupulu Capai Rp29 Miliar, Terbanyak dari Kas

  • Nixon LP Napitupulu diangkat menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN (BBTN) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis 16 Maret 2023.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Nixon LP Napitupulu diangkat menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN (BBTN) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022, Kamis 16 Maret 2023. Nixon yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Utama BTN menggantikan posisi Dirut Haru Koesmahargyo. 

Lelaki kelahiran Medan, 25 Juli 1969 ini sudah bergabung dengan BTN sejak 2017. Dia mengawali posisinya di bank pelat merah itu sebagai Direktur Collection, Asset Management & Legal. Sebelum memperkuat BTN, Nixon sudah malang melintang di dunia perbankan. Dia memiliki pengalaman di PT Bank Ekspor Impor (Persero) hingga PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). 

Sebagai pejabat publik, Nixon wajib melaporkan harta kekayaannya secara berkala. Merujuk Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang disampaikan Nixon pada 31 Maret 2022 untuk tahun periodik 2021, pundi-pundi uangnya tercatat sebesar Rp29.225.873.874. Rinciannnya yakni tanah dan bangunan senilai Rp7,9 miliar yang tersebar di empat titik di Bogor, Tangerang Selatan dan Jakarta Utara.

Nixon juga memiliki empat alat transportasi yakni Toyota Yaris, Toyota Alphard, Toyota Fortuner Jeep dan Mercedes Benz E-300 dengan total senilai Rp2,55 miliar. Selain itu, Nixon mempunyai kas dan setara kas sebesar Rp14,4 miliar. Harta dari kas merupakan pos kekayaan terbesar mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri Taspen itu. 

Lebih lanjut, sang dirut anyar memiliki surat berharga senilai Rp3,7 miliar dan harta bergerak lainnya senilai Rp659 juta. Nixon tercatat memiliki utang Rp1,34 miliar dalam LHKPN periode 2021. Artinya, harta bersih Nixon dikurangi utang adalah sekitar Rp27,8 miliar.