Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan founder dan CEO Tesla Motor Inc Elon Musk. Sumber: instagram.com/@pandusjahrir.
Dunia

Harta Elon Musk Menguap Rp1,7 Kuadriliun dalam Setahun

  • Miliarder Elon Musk dilaporkan kehilangan hartanya kisaran US$110 miliar atau setara Rp1,7 kuadriliun(asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS) dalam setahun terakhir
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TEXAS - Miliarder Elon Musk dilaporkan kehilangan hartanya kisaran US$110 miliar atau setara Rp1,7 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS) dalam setahun terakhir.

Menurut data Forbes yang dilansir Senin, 24 Oktober 2022, kekayaan bersih Elon Musk kini tingga US$209 miliar atau setara Rp3,2 kuadriliun. Padahal sebelumnya, kekayaan Musk pernah mencapai puncaknya hingga US$320 miliar atau setara Rp4,9 kuadriliun.

Menguapnya harta Bos Tesla itu dalam setahun terakhir disebabkan karena anjloknya harga saham Tesla. Mengutip Insiders, saham Tesla jatuh sekitar 46% sejak Januari lalu hingga hari ini.

Tak hanya itu, Elon Musk juga dilaporkan melepas sahamnya Tesla miliknya. Tahun lalu dia dilaporkan menjual saham Tesla senilai US$31 miliar atau Rp483 triliun untuk membantu membayar pengambilalihan Twitter senilai US$44 miliar atau kisaran Rp680 triliun.

Penjualan ini tentunya membuat kepemilikan Musk atas Tesla menyusut. Jika sebelumnya Musk mengempit saham Tesla di atas 15%, maka saat ini kepemilikan berada di bawah angka tersebut.

Saat ini, Tesla menjadi perusahaan bernilai milyaran dolar setelah sebelumnya sempat menjadi perusahaan dengan valuasi triliun dolar.

Meski kekayaan sang Iron Man berkurang kisaran 35% dalam waktu kurang dari setahun, Elon Musk masih jadi orang terkaya sejagat raya. Selisih harta Musk dengan Bill Gates adalah US$80 miliar  atau kisaran Rp110 kuadriliun. Sedangkan selisih hartanya ya dengan Jeff Bezos adalah Rp1,1 Kuadriliun.

Fluktuatif

Kekayaan Elon Musk dalam setahun terakhir tampak Fluktuatif lantaran sejumlah aksi yang dilakukannya belakangan waktu terakhir.

Sejak dia mengumumkan rencananya untuk membeli Twitter pada bulan April, saham Tesla mengalami penurunan. Kekayaannya menyusut dari US$302 miliar atau kisaran Rp4,7 kuadriliun  pada April menjadi US$216 miliar atau kisaran Rp3,36 kuadriliun pada Juni. Tetapi kekayaan itu kemudian  pulih menjadi US$279 miliar  Rp4,3 kuadriliun pada Agustus.

Sejak itu, kekayaan bersihnya perlahan menurun saat ia berjuang untuk membatalkan kesepakatan akuisisi Twitter. 

Musk dilaporkan telah memgajukan pinjaman kisaran US$12,5 miliar. Namun Ia masih membutuhkan miliaran lagi untuk menyelesaikannya. Dia mencari bantuan dari investor dan mungkin perlu menjual saham Tesla senilai antara US$5 hingga US$10 miliar minggu depan. 

Pembuat mobil tersebut mengumumkan lapora. Keuangan kuartal ketiga dengan pendapatan yang semakin lemah dibanding perkiraan. Kuartal ini, Tesla membukukan dengan penjualan US$21,5 miliar atau kisaran Rp335,4 triliun, di bawah perkiraan analis UD$22,1 miliar atau kisaran Rp344 triliun.