Korporasi

Hartadinata Abadi (HRTA) Terapkan ESG, Optimalkan Potensi Bisnis Berkelanjutan

  • PT Hardinata Abadi Tbk (HRTA) yang bergerak di industri manufaktur dan perdagangan perhiasan emas terus mengoptimalkan potensi bisnis berkelanjutan dengan mengimplementasikan environment, social, governance (ESG).
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) yang bergerak di industri manufaktur dan perdagangan perhiasan emas terus mengoptimalkan potensi bisnis berkelanjutan dengan mengimplementasikan environment, social, governance (ESG).

Peningkatan nilai perusahaan terus digenjot dari segala sisi baik ekonomi, perlindungan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat. Perseroan sendiri, menerapkan berbagai strategi seperti efisiensi sumber daya terutama penggunaan energi, menerapkan kriteria beyond compliance, pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kemandirian, dan creating shared value (CSV).

Dari sisi sosial, memperkuat sumber daya manusia, salah satu faktor terpenting yang menentukan keberlangsungan usaha. Perseroan percaya bahwa struktur dan dukungan sumber daya manusia yang kompeten sangat penting untuk memastikan stabilitas jangka panjang dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

HRTA memandang bahwa pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu kebijakan strategis dalam meningkatkan kualitas karyawan yang pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan perusahaan.

Total dana kesejahteraan karyawan pada tahun 2021 adalah sebesar Rp3 miliar yang dialokasikan untuk remunerasi atau gaji dan tunjangan karyawan mencakup pembayaran untuk cuti, Tunjangan Hari Raya keagamaan, pengobatan, lembur, jaminan hari tua dan pensiun.

HRTA mengedepankan prinsip keragaman, kesetaraan dan menjunjung tinggi prinsip non diskriminasi. Perusahaan tidak membedakan gender, ras, agama, suku dan golongan, dalam seluruh tingkatan dan jajaran karyawan serta manajemen baik dalam penerimaan karyawan maupun sistem remunerasi dan jabatan.

Perseroan paham bahwa memperluas pasar tidak hanya dilakukan dengan promosi secara biasa. Sepanjang 2021 perseroan melakukan promosi melalui platform online. Selain menggunakan platform online perseroan juga berencana untuk berpartisipasi dalam acara-acara pameran dalam skala nasional dan internasional.

Dalam tata kelola, perseroan senantiasa dituntut untuk melaksanakannya dengan penuh amanah,beretika, sehingga perlu penyelarasan etika usaha dan etika kerja dengan Visi dan Misi Perseroan serta Panduan Pelaksanaan GCG (Good Corporate Governance).

Prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, disiplin, dan kewajaran dikedepankan, demi peningkatan dan citra perseroan.

Dari sisi pengelolaan lingkungan, perseroan melakukan peningkatan kebutuhan energi yang lebih ramah lingkungan. Oleh karna itu, perseroan telah menyusun Peta Jalan (Roadmap) Transformasi Lingkungan sebagai arahan
dalam memitigasi risiko lingkungan.

Perseroan melakukan penghematan kertas serta menerapkan daur ulang untuk materi yang tidak lagi dapat digunakan berkerjasama dengan jasa pihak ketiga yang berkompeten dalam bidang daur ulang.

Pada periode 2021, intensitas konsumsi air sebesar 95.806 m3 per ton produk. Kenaikan ini dikarenakan oleh peningkatan kapasitas produksi. Maka perseroan memprioritaskan pelestarian sumber daya air dilakukan dengan melakukan efisiensi penggunaan air.