Ilustrasi belanja online di start up e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan marketplace lain. Ilustrator: Deva Satria/TrenAsia
Industri

Hasil Riset E-Commerce Versi Ipsos, Inilah Platform yang Memiliki Penilaian Terbaik

  • Perusahaan riset pasar dan konsultasi multinasional Ipsos telah merilis hasil riset peta kompetisi e-commerce di Indonesia dengan berkaca kepada persepsi konsumen terhadap layanan yang diberikan setiap platform.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA -  Perusahaan riset pasar dan konsultasi multinasional Ipsos telah merilis hasil riset peta kompetisi e-commerce di Indonesia.  Dari peta persaingan tersebut memunculkan daftar platform e-commerce mana yang dinilai paling baik di mata masyarakat.

Riset ini dilakukan pada Januari 2022 dengan melibatkan sekitar 1.000 responden dari 15 kota besar di Indonesia . Adapun penilaian dilakukan dengan melihat sejumlah faktor seperti kualitas produk, variasi dan kecepatan layanan pengiriman, serta fitur tracking pengiriman.

Research Director Brand Health Tracking Ipsos Indonesia, Lioni Halim, mengatakan bahwa layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. 

“Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapa disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibanding merek e-commerce lainnya,” ungkap Lioni dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.  

Keseluruhan hasil riset berkaca kepada persepsi konsumen terhadap layanan yang diberikan setiap platform. 

Dari riset yang dilakukan, Tokopedia menjadi platform yang memiliki penilaian terbaik. Sementara itu, e-commerce dengan media sosial terpopuler dipegang oleh platform Shopee sementara Tokopedia berada di peringkat ketiga setelah Lazada.

Berikut rincian pilihan responden untuk setiap aspek yang menjadi indikator penilaian e-commerce di Indonesia:

Kualitas Produk

Tokopedia 74%

Shopee 63%

Lazada 63%

Bukalapak 50%

OLX 40%

Variasi layanan pengiriman paling lengkap

Tokopedia 33%

Shopee 28%

Lazada 26%

Blibli 25%

OLX 20%

Layanan pengiriman tercepat

Tokopedia 52%

Shopee 45%

Lazada 43%

OLX 40%

Bukalapak 30%

Fitur tracking pengiriman terbaik

Tokopedia 29%

Shopee 18%

Lazada 16%

Bukalapak 11%

Blibli 11%

E-commerce dengan media sosial terpopuler

Shopee 54%

Lazada 41%

Tokopedia 40%

Blibil 29%

Bukalapak 21%

  •