Ini Cara Melindungi Data Pribadi Saat Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum
Tekno

Hati-hati Diretas! Ini Cara Melindungi Data Pribadi Saat Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum

  • Inilah beberapa cara agar data pribadi Anda tetap aman saat mengakses Wi-Fi di tempat umum.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Wi-Fi di tempat umum seperti kafe atau bandara memang terasa menyenangkan karena membuat Anda bisa terkoneksi jaringan internet tanpa harus menggunakan paket internet sendiri. Itu artinya Anda bisa tetap online atau terhubung jaringan internet dengan gratis.

Namun, ternyata hal itu tidak selamanya gratis, karena hal tersebut dapat membuat informasi pribadi Anda terancam bahaya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyelamatkan data pribadi saat menggunakan wi-fi di tempat umum dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Cara Melindungi Data Pribadi Saat Menggunakan Wi-Fi di Tempat Umum

1. Gunakan VPN

Salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda saat mengakses Wi-Fi di tempat umum adalah dengan menggunakan jaringan pribadi virtual atau yang sering dikenal sebagai VPN. Dengan menggunakan VPN maka koneksi internet Anda jadi lebih aman dan terenkripsi serta melindungi data Anda agar peretas tidak dapat mengetahui apa yang Anda lakukan saat terhubung jaringan internet.

2. Pakai smartphone untuk tethering

Daripada menggunakan Wi-Fi publik, lebih baik Anda tethering atau menggunakan smartphone Anda sebagai hot spot seluler.

3. Periksa keamanan situs web

Setiap kali Anda terhubung ke suatu website melalui Wi-FI di tempat umum, pastikan situs itu aman sebelum memasukkan informasi pribadi apapun. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat alamat URL nya. Jika alamatnya menggunakan HTTPS itu artinya situs web tersebut aman. Jika hanya tertulis HTTP tanpa S, sebaiknya jangan dilanjutkan.

4. Gunakan two-factor authentication

Jika suatu website menawarkan langkah keamanan ekstra saat masuk, maka lebih baik Anda manfaatkan. Two-factor authentication berarti bahwa setelah Anda memasukkan kata sandi Anda harus mengirimkan kode yang membuktikan bahwa yang mengakses akun tersebut adalah memang Anda.

5. Hindari menggunakan kata sandi yang sama

Kata sandi atau password yang sama untuk semua akun memang memudahkan Anda untuk mengingat sehingga bisa masuk ke akun Anda lebih cepat dan mudah. Namun, kebiasaan itu akan menempatkan Anda pada risiko yang serius di mana kata sandi Anda akan dicuri sehingga peretas bisa mengakses berbagai akun Anda.

Itu tadi beberapa cara agar data pribadi Anda tetap aman saat mengakses Wi-Fi di tempat umum. Selain itu, pastikan setelah selesai terhubung dengan jaringan internet, jangan lupa untuk keluar dari situs web atau aplikasi serta jaringan untuk memastikan tidak ada orang lain yang dapat mengakses informasi pribadi Anda.