6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Anda Hilang atau Dicuri
Tekno

Hati-hati! Ini Cara Mengamankan iPhone Anda dari Spyware dan Virus Berbahaya

  • Simak penjelasan mengenai tips keamanan tambahan yang cocok dilakukan oleh pengguna iPhone agar tidak mudah disusupi malware seperti spyware dan virus.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Seperti yang Anda ketahui baru-baru ini dikabarkan ada malware yang mengancam pengguna iPhone. Hal ini diketahui lewat laporan dari perusahaan antivirus Kaspersky yang menemukan bahwa terdapat malware yang menyerang iOS hingga model iOS 15.7.

Malware tersebut diketahui memanfaatkan celah yang bisa disusupi dengan cara mengirim pesan berupa lampiran melalui iMessage. Ketika pengguna iPhone tidak curiga, celah keamanan yang ada di dalam lampiran tersebut dapat dipicu secara otomatis yang dapat menimbulkan kode berbahaya meski pengguna tidak melakukan interaksi apapun.

Jika malware tersebut mampu menyusup ke dalam iPhone, maka malware dapat menemukan, mengakses, dan mengeksploitasi celah lainnya yang ada. Selain itu, malware juga semakin kuat karena memiliki kendali penuh atas perangkat iOS yang menjadi target.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengamankan perangkat elektronik termasuk iPhone agar tidak terkena malware, spyware, hingga virus berbahaya.

Tips Mengamankan iPhone Agar Tidak Terkena Malware

Tips Mengamankan iPhone Agar Tidak Terkena Malware

Berikut beberapa tips keamanan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan iPhone, agar iPhone Anda terlindungi dari spyware, virus, dan kode berbahaya lainnya:

1. Berhati-hatilah dengan Tautan atau Link

Anda harus selalu waspada terhadap tautan atau link asing yang dikirim melalui pesan teks, email, atau platform media sosial. Hindari mengklik tautan yang mencurigakan, yang dapat mengarah ke situs web yang berisi phishing atau halaman yang sudah terinfeksi malware.

2. Hadapi File Lampiran dengan Hati-hati

Anda harus tetap waspada saat membuka lampiran, terutama dari sumber yang tidak dikenal. Malware dapat disamarkan sebagai file yang tampak tidak mencurigakan, seperti dokumen atau gambar. Anda juga bisa melakukan verifikasi kredibilitas pengirim sebelum membuka lampiran apapun.

3. Gunakan Face ID di Depan Umum

Atur iPhone Anda untuk selalu menggunakan Face ID di depan umum. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mencegah calon peretas mendapatkan kode sandi iPhone Anda melalui teknik ‘shoulder surfing’ dan berpotensi menggunakannya untuk mengakses perangkat Anda.

4. Instal Perangkat Lunak Antivirus yang Andal

Pertimbangkan untuk menginstal atau memasang aplikasi antivirus terkemuka dari App Store. Aplikasi antivirus yang andal dapat memberikan lapisan keamanan ekstra dengan memindai potensi ancaman dan menawarkan perlindungan secara real time.

5. Aktifkan Two Factor Authentication (2FA)

Anda bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor atau two factor authentication (2FA) untuk Apple ID Anda agar Anda memperoleh tambahan barrier yang kuat untuk masuk ke akun Apple dan iPhone Anda. 2FA memastikan bahwa jika kata sandi atau password Anda disusupi, akses tidak sah akan terhalang tanpa metode otentikasi sekunder, yang kemungkinan besar tidak dapat diakses oleh hacker. 

Itu tadi penjelasan mengenai tips keamanan tambahan yang cocok dilakukan oleh pengguna iPhone agar tidak mudah disusupi malware seperti spyware dan virus.