<p>Ilustrasi ruang tamu kecil tampak lebih besar/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Hati-Hati, Ini 5 Benda Paling Kotor di Ruang Tamu yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan

  • Hati-hati, inilah 5 benda paling kotor di ruang tamu yang berdampak buruk untuk kesehatan

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA – Ruang tamu merupakan suatu tempat untuk berkumpul dengan keluarga dan bersantai bersama. Meskipun Anda mungkin menganggapnya sebagai ruangan di rumah seperti biasa, ruang tamu justru memiliki bahaya seperti bakteri, polusi udara, dan alergen. Unsur-unsur berbahaya ini dapat menyebabkan sakit perut, pilek dan flu, dan gangguan pernapasan.

Inilah 5 benda paling kotor yang dapat menyebabkan Anda sakit dan berdampak pada kesehatan keluarga Anda, seperti yang dikutip dari The Spruce.

  1. Remote Control
    Remote control untuk TV, musik, dan kipas angin sudah disentuh berkali-kali setiap hari. Tidak semua orang mencuci tangan sebelum menyentuhnya.

    Remote control dan aksesori elektronik lainnya seperti keyboard dan earphone menarik tanah dan bakteri seperti E. coli dan Salmonella. Dan jika seseorang dalam keluarga sakit, ada lebih banyak bakteri yang menunggu untuk menginfeksi pengguna berikutnya.

    Oleh karena itu, gunakan lap yang sudah diberi disinfektan untuk digunakan pada elektronik setiap hari untuk membersihkan remote dan aksesori.
  1. Karpet
    Bahkan jika Anda sudah teliti dan menyedot debu setiap hari, karpet adalah magnet untuk kotoran, bakteri, bulu manusia dan hewan, dan alergen lainnya. Setiap kali kita berjalan atau anak-anak bermain di karpet, zat iritan tersebut dilepaskan ke udara yang kita hirup. Hal ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kondisi kulit.

    Mengganti karpet lama dengan karpet baru tidak selalu merupakan solusi terbaik untuk masalah kesehatan. Karpet baru memancarkan sejumlah besar senyawa organik volatil (VOC) dan formaldehida pengawet yang bisa menjadi racun. Senyawa ini berhubungan dengan masalah pernapasan dan sering mimisan.

    Jika Anda memiliki karpet dari dinding ke dinding, bersihkan secara teratur dengan penyedot debu yang memiliki filter HEPA, mintalah karpet dibersihkan oleh seorang profesional secara musiman, dan pertimbangkan untuk melepasnya dan menggunakan karpet yang lebih kecil yang dapat dicuci dengan mudah.
  1. Pengharum Ruangan
    Produk wewangian sering mengandung bahan kimia seperti sulingan minyak bumi, limonene, formaldehida, ester, dan alkohol yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, sakit kepala, dan iritasi mata. Daripada menggunakan pengharum ruangan untuk meredakan bau tak sedap, lebih baik buka pintu dan jendela agar udara segar bisa masuk ke ruangan.
  1. Lilin
    Lilin dapat menambah keharuman dan sentuhan dekoratif pada ruang tamu dan suasana tertentu saat dinyalakan. Sayangnya, karena kebanyakan lilin terbuat dari lilin parafin yang diproduksi dengan minyak bumi, mereka juga dapat melepaskan bahan kimia seperti keton dan benzena yang mengiritasi sistem pernapasan.
  2. Hewan Peliharaan
    Meskipun kita mencintai dan menghargai hewan peliharaan kita, mereka berpotensi membuat kita sakit. Sama seperti manusia, kucing dan anjing melepaskan potongan mikroskopis kulit mati yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

    Semua jenis gigitan atau cakaran dari hewan dapat memasukkan bakteri ke dalam kulit manusia dan harus dipantau secara ketat. Hewan peliharaan juga dapat membawa hama seperti kutu dan bakteri dari area bermain dan toilet di luar.