Hati-hati! Terkesan Menyehatkan 5 Makanan Ini Justru Beracun
Gaya Hidup

Hati-hati! Terkesan Menyehatkan 5 Makanan Ini Justru Beracun

  • Inilah beberapa makanan yang mungkin terkesan menyehatkan tapi justru beracun atau berbahaya untuk tubuh.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri jika Anda ingin panjang umur dan tetap sehat, maka Anda perlu menerapkan pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat dan berkualitas dapat mengurangi risiko kematian dini secara signifikan.

Meski begitu, ada makanan tertentu yang sebetulnya terkesan menyehatkan tapi justru dapat menimbulkan bahaya. Hal ini bisa terjadi karena alergi makanan, makanan yang sudah rusak, atau tidak dimasak dengan benar.

Berikut makanan yang terkesan menyehatkan tapi justru beracun seperti yang dilansir dari laman Eat This.

5 Makanan yang Dianggap Menyehatkan Tapi Justru Beracun

1. Kerang

Remis, tiram, kerang, dan sejenisnya dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda tergantung pada apa yang dikonsumsi kerang tersebut saat masih di laut. Risiko kontaminasi pada umumnya terjadi pada kerang karena racun yang berasal dari organisme laut kecil dapat tertelan dan terkonsentrasi oleh kerang. Keracunan kerang dapat menyebabkan pusing, lesu, gastroenteritis, diare, mual, bahkan kasus yang serius dapat sampai kejang-kejang, koma, bahkan kematian.

2. Keju 

Keju yang tidak dipasteurisasi berpotensi menjadi beracun karena tanpa sterilisasi, maka keju dapat menjadi wadah bagi inang penyakit dan bakteri yang ditularkan melalui makanan dengan potensi konsekuensi serius. Bahaya terbesarnya adalah menimbulkan listeria dan campylobacteriosis.

3. Madu

Madu memang dipercaya mampu menyehatkan tubuh. Namun jika tidak dipasteurisasi, madu dapat mengandung alkaloid beracun yang dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, dan muntah. Selain itu, bayi juga tidak bisa diberikan madu karena menimbulkan penyakit botulisme.

4. Ikan buntal atau fugu

Jika dimasak dengan benar, ikan buntal dapat menjadi makanan yang lezat. Meski begitu tentu ada risiko tersendiri dari mengonsumsi ikan ini. Jika tidak dimasak dengan benar, ikan buntal sebenarnya beracun. Bahkan, di Jepang koki harus mengikuti ujian tertulis dan praktik secara nasional hanya untuk bisa memasak ikan buntal.

5. Popcorn microwave

Berondong jagung mungkin memang tidak berbahaya. Namun, bahan kimia yang ada di dalam lapisan antilengket yang melapisi bagian dalam kantong popcorn dapat bermanifestasi menjadi racun dan meningkatkan risiko kanker. Saat popcorn dimasak dalam microwave, lapisan kantong akan terurai sedemikian rupa sehingga akan mencemari popcorn di dalamnya.

Itu tadi beberapa makanan yang mungkin terkesan menyehatkan tapi justru beracun atau berbahaya untuk tubuh.