Tim sepak bola Cerebral Pasly (CP) Indonesia tampil dominan dan sukses membekuk tim Myanmar dengan skor telak 5-1 pada babak semifinal untuk pastikan diri lolos ke babak final football CP yang digelar di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja Rabu 7 Juni 2023 petang.
Dunia

Hattrick! Indonesia Pastikan jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023

  • Prestasi istimewa Indonesia di ajang ASEAN Para Games kali ini tak lepas dari dominasi di sejumlah cabang olahraga.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Indonesia memastikan diri menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Meski kompetisi masih digelar hingga Jumat, 9 Juni 2023, raihan medali kontingen Merah Putih sudah tak mungkin dikejar para kompetitor.  

Hasil gemilang tersebut membuat Indonesia sukses mencetak hattrick juara umum di ajang ASEAN Para Games. Diketahui, Indonesia juga berjaya di dua edisi sebelumnya yakni tahun 2017 (Malaysia) dan 2022 (Indonesia). 

“Kami sudah bisa mengunci juara umum, sekalipun masih menyisakan dua hari pertandingan,” ujar Chef de Mission (CdM) Indonesia Andi Herman, dalam keterangan resminya, Kamis 8 Juni 2023. 

Hingga Kamis pukul 10.30 WIB, Indonesia mengoleksi 129 emas, 120 perak dan 76 perunggu yang membuat mereka kokoh di puncak klasemen.

Adapun Thailand yang berada di peringkat kedua meraih 99 emas, 90 perak dan 65 perunggu. Secara matematis, torehan Thailand sudah tak mungkin menyalip Indonesia dengan sisa pertandingan pada Kamis dan Jumat.  

Goyang Dominasi Thailand

Prestasi istimewa Indonesia di ajang ASEAN Para Games kali ini tak lepas dari dominasi di sejumlah cabang olahraga. Beberapa di antaranya yakni tenis meja (19 emas), angkat berat (17 emas), catur (12 emas) dan judo (11 emas). 

Indonesia masih berpotensi menambah medali karena menyisakan sejumlah laga final di tenis meja, bulu tangkis, sepak bola cerebral palsy serta para catur. 

Andi Herman mengapresiasi prestasi atlet yang sanggup mencetak hattrick juara umum. Menurut Andi Herman, tak mudah meraih gelar tiga kali beruntun di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Indonesia perlahan menggeser dominasi Thailand yang sukses merebut lima gelar beruntun medio 2003-2011. 

“Ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia bisa hattrick juara umum. Ini hasil kerja keras banyak pihak sejak pelatnas hingga tiba di Kamboja,” ujar Andi Herman. 

Kepastian Indonesia menjadi juara umum edisi 2023 diraih setelah kontingen menambah 28 emas pada hari Rabu 7 Juni 2023. Emas tersebut berasal dari cabang renang, voli duduk, atletik, angkat berat, dan para catur. 

Atletik tampil menggila dengan menyumbangkan 10 emas, disusul para catur dan angkat berat yang mencetak masing-masing enam emas.