Seorang pembeli tengah memilih sejumlah produk berbahan baku gandum seperti roti dan mie. Pelarangan ekspor dari India sebagai negara produsen gandum terbesar berimbas tingginya harga bahan baku gandum, Senin 30 Mei 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Heboh! Label Mi Instan Indonesia Ditolak Masuk ke Taiwan Karena Alasan Ini

  • Beberapa waktu lalu dikabarkan salah satu produk mi instan Indonesia ditolak masuk ke Taiwan karena bahannya mengandung pestisida.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Beberapa waktu lalu dikabarkan salah satu produk mi instan Indonesia ditolak masuk ke Taiwan karena bahannya mengandung pestisida.

Hal itu dikabarkan dari unggahan akun TikTok milik @lyrs7 pada 5 Juli 2022 yang mengatakan ada 4 ton produk Mie Sedaap dilarang masuk ke Taiwan.

Sebelumnya, Administrasi Makanan dan Obat Taiwan (FDA) merilis 19 produk impor yang tidak diizinkan masuk ke negara tersebut. Selain produk Mie Sedaap impor dari Indonesia, terdapat produk-produk dari Jepang dan Filipina yang bernasib sama.

Produk-produk yang ditolak masuk itu karena pihak bea cukai menemukan pestisida dalam jumlah tinggi dalam produk kemasan tersebut. Pestisida tersebut dapat ditemukan dalam bumbu kemasan dan bawang kering dari mi instan.

Dilansir dari Says, pestisida yang ditemukan berupa etilen oksida yang memiliki risiko meningkatkan kanker payudara dan kanker darah.

Pestisida tersebut juga ditemukan di mi cup Acecook dari Jepang, mi cup Lucky Me dari Filipina, serta Pasta Tom Yam Vegetarian Instan dari Malaysia yang ditolak masuk karena tidak memenuhi aturan.

Selain mi instan, petugas bea cukai Taiwan juga menolak masuk produk impor dari China berupa Jamur Lion's Mane dan Best Camellia Oil, teh celup Queen Victoria dari Australia, Amerika Serikat, Kroasia, dan Korea Selatan.

Di sisi lain, Wings Food telah klarifikasi bahwa Mie Sedaap tidak mengandung zat pestisida di dalamnya. Perihal penolakan yang diterima perseroan dikarenakan regulasi yang berbeda dari regulator Taiwan.