Libur Lebaran Mau Naik Candi Borobudur Siapkan Uang Rp150.000, Turis Asing Rp500.000
Nasional

Heboh Tiket Candi Borobudur Capai Rp750.000, Intip Biaya Masuk 3 Candi di Asia Tenggara

  • Heboh Tiket Candi Borobudur Capai Rp750 Ribu, Intip Biaya Masuk 3 Candi di Asia Tenggara
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Berwisata ke situs budaya menjadi salah satu alternatif favorit untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sembari mencari pengetahuan tentang sejarah budaya negara sendiri.

Candi Borobudur menjadi destinasi pariwisata budaya yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Selain kemegahannya, Candi Borobudur kaya akan sejarah sehingga peninggalan ini diakui sebagai situs warisan dunia oleh United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO). 

Namun, baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan naiknya harga tiket ke Candi Borobudur dari sebelumnya Rp50.000 menjadi Rp750.000. Harga yang dibanderol tersebut untuk wisatawan lokal yang ingin naik ke atas candi. 

Banyak pro dan kontra yang datang dari masyarakat perihal naiknya tiket masuk tersebut yang notabenenya selain menjadi tempat pariwisata, Candi Borobudur juga tempat ibadah bagi umat Budha.

Berikut TrenAsia.com rangkum daftar harga tiket masuk ketiga candi yang berada di Asia Tenggara yang telah telah diakui UNESCO menjadi situs warisan budaya dunia.

Angkor Wat

Angkor Wat/ Foto: Tangkapan layar 

Destinasi wisata Angkor Wat merupakan salah satu yang terkenal di Kamboja dan sudah diakui oleh UNESCO seperti Candi Borobudur.

Kuil peninggalan ini menjadi salah satu kuil terbesar dan terluas di Kamboja yang dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman.

Untuk tiket masuk harga yang dibanderol sebesar Rp535.168 dalam satu hari. Kemudian sebesar Rp896.768 untuk tiga hari dan Rp1.041.408 selama satu minggu.

My Son Sanctuary

My Son Sanctury/ Foto: Tangkapan layar

Candi yang juga diakui UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia ini berada di Vietnam yang merupakan milik dari umat agama Hindu.

Situs peninggalan Kerajaan Champa ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Vietnam. Dilansir dari laman travel befreetour.com, tiket  untuk masuk ke My Son Sanctuary sebesar Rp337.120 untuk dewasa dan Rp161.790 untuk anak-anak.

Ayutthaya

Ayutthaya/ Foto: Tangkapan layar

Candi Ayutthaya ini merupakan situs bersejarah Thailand yang memiliki luas 715 hektare (Ha) terdiri dari 400 kuil dan candi di dalamnya.

Dilansir dari situs travel Tiket.com, harga tiket masuk ke dalam bangunan bersejarah yang telah diakui UNESCO  sebesar Rp191.792