<p>Karyawan melintas dengan latar belakang layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jum&#8217;at, 6 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Hedge Fund Manager Paul Tudor Jones: Ledakan Besar Ekonomi Setelah Vaksin Covid-19 Dirilis

  • JAKARTA – Manajer hedge fund makro legendaris, Paul Tudor Jones, memprediksi terjadi ledakan pertumbuhan ekonomi pada 2021 karena vaksin virus corona tersedia lebih luas. Ketika pemerintah AS bergerak cepat menyetujui dan mendistribusikan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna, Wall Street menjadi semakin bullish pada 2021. CIO dan pendiri Tudor Investment Corp., Paul Tudor Jones, memperkirakan minat […]

Industri
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Manajer hedge fund makro legendaris, Paul Tudor Jones, memprediksi terjadi ledakan pertumbuhan ekonomi pada 2021 karena vaksin virus corona tersedia lebih luas.

Ketika pemerintah AS bergerak cepat menyetujui dan mendistribusikan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna, Wall Street menjadi semakin bullish pada 2021.

CIO dan pendiri Tudor Investment Corp., Paul Tudor Jones, memperkirakan minat risiko untuk pulih lebih jauh, terutama ketika Kongres dan Federal Reserve memompa lebih banyak stimulus.

“Saya pikir pasar saham berada pada kombinasi denyut moneter fiskal yang belum pernah kita lihat sebelumnya dalam sejarah,” kata Jones dikutip dari Yahoo Finance, Kamis, 3 Desember 2020.

Dengan alasan itu, kenaikan saham lebih berbusa pada 2021 dibandingkan tahun ini. Jones menilai bahwa vaksin Covid-19 akan mendorong pertumbuhan ekonomi  yang mungkin memiliki implikasi politik.

“Vaksin ini akan membawa kita kembali. Kita akan mengalami rebound pertumbuhan yang luar biasa,” prediksinya.

Sebab, permintaan yang terpendam dari tahun lalu terus berlanjut secara besar-besaran.

“Saya punya empat anak berusia 20-an. Mereka seperti kuda di awal perlombaan. Mereka sangat siap untuk melihat teman-teman mereka, pergi ke restoran, berlibur. Mereka siap untuk keluar dan menjadi gila, seperti semua orang di dunia,” tambahnya.

Karena itu, para investor diperkirakan melihat “ledakan kuartal kedua” dalam ritel dan hampir di setiap level lainnya.

“Anda akan mengalami ledakan besar-besaran ini. Dan konsekuensinya, menurut saya, cukup jelas untuk fixed income. Fixed income mungkin akan turun selama itu. Komoditas mungkin akan naik,” kata Jones.

Gelombang Baru Investasi

Jones mencatat 20 tahun lalu, nilai riil sekitar 250 basis poin, sedangkan tingkat nominal mendekati 6%, dan pasar mampu mencapai penilaian tinggi.

Saat ini, kurs riil negatif 200 basis poin, sedangkan kurs nominal 0%.

“Anda dapat melihat mengapa Anda mendapatkan Tesla (TSLA) dengan penghasilan 900 kali lipat. Karena, pada kenyataannya tidak ada alternatif yang benar-benar baik untuk uang Anda,” tambahnya.

Sekarang pemilihan umum AS berada di kaca spion, Jones memprediksi bahwa gelombang baru uang investasi akan dibuka karena ketidakpastian menghilang.

“Terlepas dari apa pun, bahkan sering kali seperti apa fundamentalnya, modal risiko kembali ke pasar, dan itulah yang kita lihat sekarang. Dan saya berasumsi bahwa tren akan terus berlanjut,” tambah Jones.

Jones yang lebih dikenal sebagai trader makro daripada investor itu mengatakan ada beberapa peristiwa yang harus diperhatikan jelang 2021. Beberapa di antaranya bersifat politis, seperti balapan runoff di Georgia yang akan menentukan keseimbangan kekuasaan di Senat.

Jajak pendapat pemilihan umum sangat melenceng, melebih-lebihkan dukungan untuk presiden terpilih Joe Biden dan Partai Demokrat. Dalam hal ini, Jones mengatakan bahwa “siapa pun yang berpikir bahwa pemilihan ini dapat diramalkan adalah salah. Jadi saya pikir Senat adalah pertaruhan 50/50.”

Menurut Jones, permintaan terpendam yang dia lihat pasca-vaksin kemungkinan besar tidak akan dipengaruhi oleh hasil Georgia pada Januari 2021.

“Mungkin ini akan menjadi akselerasi jika Anda memiliki gelombang biru (Demokrat) sebagai lawan gelombang merah (Republik). Tapi sekali lagi, saya pikir kami cukup banyak memetakan jalur ke beberapa jenis ‘ledakan supersonik absolut’ yang datang pada kuartal II dan kuartal III tahun depan,” tuturnya.

Saat Biden menyempurnakan prioritas legislatifnya, Jones meramalkan Demokrat dapat mendorong lebih banyak belanja infrastruktur yang “mungkin akan sedikit mempercepat jalur pertumbuhan.”

Namun, sebagian besar prospek mengandalkan vaksin untuk “melepaskan begitu banyak permintaan yang terpendam sehingga Anda akan benar-benar melihat banyak pertumbuhan di kuartal II dan III,” tambahnya.

“Dan Anda akan melihat harga komoditas mungkin naik, melihat inflasi kembali. Akan ada serangkaian hal yang, sekali lagi, menurut saya cukup banyak baked in the cake,” kata Jones.

Baked in the cake adalah ungkapan yang menunjukkan bahwa sejumlah informasi penting atau berpengaruh, seperti berita yang belum diverifikasi atau proyeksi pendapatan, telah diperhitungkan dan dimasukkan dalam harga pasar sekuritas.