Pabrik cat PT Avian Avia Tbk
Korporasi

Hermanto Tanoko Gandeng Boy Thohir Perkuat Bisnis Cat Kapal

  • Konglomerat pemilik emiten cat PT Avia Avian Tbk (AVIA) Hermanto Tanoko menggandeng Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir untuk memperkuat bisnis cat penunjang kapal.
Korporasi
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Konglomerat pemilik emiten cat PT Avia Avian Tbk (AVIA) Hermanto Tanoko menggandeng Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir untuk memperkuat bisnis cat penunjang kapal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Hermanto lewat unggahan di akun instagramnya seperti dikutip TrenAsia.com Selasa, 14 Juni 2022.

Dalam unggahan instagramnya, Hermanto selaku Komisaris AVIA telah bertemu dengan Boy Thohir selaku yang merupakan share holder dari brand Admiral.

Pada pertemuan tersebut, duo konglomerat ini akhirnya sepakat membentuk joint venture (JV) untuk perkuat kerjasama bisnis melalui merek Admiral, Marine & Protective Coat.

Selain memperkuat pasar, baik Hermanto maupun Boy Thohir berharap kerja sama ini akan menimbulkan dampak positif bagi semuanya. Terlebih, saat ini pasar cat kapal di Indonesia masih dikuasai oleh merek cat asing.

"Kami yakin bahwa kerja sama ini akan berdampak positif bagi semuanya. Terkhusus, kerja sama ini dapat memperkuat pasar cat di Indonesia yang saat ini masih dikuasai oleh merek perusahaan asing," tulis Hermanto di Instagramnya @htanoko.

Pada unggahannya, Hermanto menceritakan perjalanan awal pertemuannya dengan Boy Thohir dalam sebuah kesempatan hingga akhirnya mencapai kesepakatan membentuk joint venture.

"Pertemuan itu seakan menjadi penggenap ikatan kerja sama kami di bulan Oktober 2021 antara Avian Brands dan Pak Boy Thohir," kata Hermanto.

Sebagai informasi, pada 21 Oktober 2021, Boy Thohir, Eka Chanda dan Tommy Sutomo telah sepakat  memberikan kepercayaan kepada Avian Brands untuk menjadi partner dan bermitra dengan PT Multipro Paint Indonesia, yaitu pemilik brand Admiral Marine & Protective Coating.

Mengutip laporan keuangan perseroan per 31 Maret 2022, AVIA diketahui memiliki 67 persen kepemilikan di PT Multipro Paint Indonesia.

Kerja sama tersebut membawa visi untuk menjadikan cat kapal Admiral Marine & Protective Coating sebagai yang terbaik dan terdepan di Indonesia.

Hermanto Tanoko mengatakan, baik dirinya ataupun Boy Thohir melihat peluang besar untuk mengembangkan brand Admiral di segmennya.

Hal itu sejalan dengan fakta Indonesia memiliki 17 ribu pulau dan lebih dari 90 persen nelayannya adalah nelayan berskala kecil yang menjadikan aktivitas itu sebagai mata pencaharian utama.

Oleh karena itu,  pengembangan Admiral Marine & Protective Coating yang ditargetkan untuk kapal milik nelayan serta usaha menengah dan kecil di seluruh Indonesia sudah sejalan dan relevan dengan realitas yang ada.

Tak sampai di situ, melalui kerja sama ini, kedua pihak berharap dapat meningkatkan pemakaian dan kecintaan terhadap produk dalam negeri sehingga mampu mewujudkan Indonesia yang kuat, hebat serta maju.

"Yuk bersama-sama kita cintai produk dalam negeri!" kata Hermanto.