Seunghan RIIZE.
Hiburan

Hiatus 10 Bulan, Seunghan Resmi Tinggalkan RIIZE

  • Seunghan secara permanen meninggalkan RIIZE setelah menjalani hiatus selama 10 bulan. Sebelumnya diumumkan pada 11 Oktober 2024, Seunghan RIIZE akan bergabung kembali dengan grup untuk melanjutkan aktivitasnya.

Hiburan

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Seunghan secara permanen meninggalkan RIIZE setelah menjalani hiatus selama 10 bulan. Sebelumnya diumumkan pada 11 Oktober 2024, Seunghan RIIZE akan bergabung kembali dengan grup untuk melanjutkan aktivitasnya. 

Pada Minggu malam, 13 Oktober 2024, Wizard Production, divisi dari SM Entertainment yang mengelola RIIZE di agensi tersebut, mengumumkan Seunghan telah keluar secara permanen dari RIIZE.

Dilansir dari Soompi, divisi ini mengeluarkan pengumuman panjang, termasuk alasan mengumumkan Seunghan akan comeback pada November mendatang.

Menurut Wizard Production, Seunghan secara pribadi telah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan RIIZE demi para anggota lain dan para penggemar grup tersebut.

Para direktur menyatakan, “Seunghan secara konsisten telah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan grup demi para anggota dan para penggemar. Demi menghormati keputusan artis tersebut, kami mengumumkan kepergian Seunghan dari RIIZE.”

Seunghan awalnya debut sebagai anggota RIIZE pada bulan September tahun lalu sebelum menghentikan semua aktivitas hanya dua bulan kemudian.

“Pertama-tama, kami dengan tulus meminta maaf karena telah menyakiti BRIIZE (fandom RIIZE) dan menyebabkan kebingungan melalui pengumuman kami mengenai kembalinya Seunghan pada tanggal 11 Oktober.

“Kami membuat keputusan ini setelah mempertimbangkannya cukup lama karena kami berpikir jika Seunghan kembali setelah merenungkan kesalahannya di masa lalu dan RIIZE menunjukkan perkembangan mereka sebagai sebuah grup, kami akan mampu memberikan kebahagiaan yang lebih besar kepada artis dan para penggemar,” tulis pihak Wizard Production.

Dilansir dari Allkpop, beberapa penggemar di Korea Selatan bahkan secara kolektif mengirimkan truk protes dan pernyataan untuk memboikot Seunghan.

Tentu saja, tindakan ini menjadi perhatian pihak agensi.

“Setelah mengumumkan bahwa ia akan kembali, kami mempertimbangkan secara cermat setiap pendapat dan respons yang dikirimkan penggemar. Kami menyadari bahwa keputusan kami sebenarnya menyakiti penggemar dan malah menyebabkan kebingungan yang lebih besar bagi mereka,” kata perwakilan Wizard Production.

Seunghan Diduga Terlihat Mengunjungi Tempat Unjuk Rasa di SM Entertainment

Seunghan, dilaporkan mengunjungi tempat unjuk rasa yang terjadi di luar gedung SM Entertainment. Menyusul pengumuman bahwa Seunghan akan kembali beraktivitas dengan RIIZE, pernyataan yang dikeluarkan pada tanggal 13 Oktober menyatakan bahwa Seunghan memutuskan untuk keluar dari grup sebagai gantinya.

Pengumuman ini menyusul protes besar-besaran terhadap kembalinya sang idola ke grup, termasuk pengiriman banyak karangan bunga ke gedung SM Entertainment.

Dilansir dari Koreaboo, SM dikunjungi oleh banyak orang yang ingin melihat karangan bunga, dan salah satu pengunjung tersebut berbagi cerita tentang dugaan melihat Seunghan di luar gedung.

Dalam sebuah unggahan yang dibagikan di situs media sosial China, seorang netizen berbagi bahwa saat berada di SM Entertainment, mereka melihat seseorang di luar yang mereka yakini sebagai Seunghan. Ia berbagi bahwa orang itu berpakaian seperti trainee dan mereka tampak murung saat berjalan di sekitar dan melewati karangan bunga.

Termasuk video individu yang diyakini Seunghan berjalan dengan tangan di atas kepala.

Fans Internasional RIIZE Menuntut Seunghan Kembali ke Grup

Dilansir dari Allkpop, pada 11 Oktober, SM Entertainment mengumumkan kembalinya Seunghan ke RIIZE setelah hiatus selama 11 bulan. Penggemar internasional grup tersebut merasa senang dengan berita tersebut. Namun, reaksi di kalangan penggemar Korea sangat berbeda.

Sebagian besar penggemar di Korea mengekspresikan ketidakpuasan mereka dengan menyatakan bahwa mereka hanya akan mendukung RIIZE sebagai grup yang terdiri dari enam anggota, dan mendesak agar Seunghan meninggalkan grup secara permanen.

Pada hari itu, reaksi keras di dunia maya menyebar ke dunia nyata, dengan puluhan karangan bunga pemakaman yang dikirim ke gedung SM Entertainment sebagai bentuk protes. Tindakan ini memicu kemarahan penggemar internasional, yang menganggapnya sebagai cara yang ekstrem dan tidak sopan untuk menyuarakan perbedaan pendapat.

Menanggapi situasi yang semakin memanas, sesama anggota RIIZE Wonbin, membuat postingan di Weverse yang menjelaskan bahwa kembalinya Seunghan ke grup adalah keputusan yang dibuat setelah diskusi yang saksama antara ketujuh anggota dan perusahaan.

Ia meminta penggemar untuk mendukung grup secara keseluruhan. Namun, postingan tersebut telah dihapus, menambah ketidakpastian seputar situasi tersebut.

Pada 13 Oktober, hanya dua hari setelah pengumuman awal, secara resmi terungkap Seunghan tidak akan kembali ke RIIZE. Pengumuman tersebut disertai dengan surat tulisan tangan dari Seunghan, yang dibagikan di Weverse.

Menyusul berita kepergian Seunghan, penggemar internasional, bersama dengan penggemar dari fandom K-pop lainnya, menyuarakan rasa frustrasi dan kekecewaan mereka atas tindakan penggemar Korea. Banyak yang mengkritik SM Entertainment karena menuruti tuntutan minoritas vokal, yang sangat menentang kembalinya Seunghan.

Tagar #SMSupportsBullying dan BRING SEUNGHAN BACK dengan cepat menjadi trending di seluruh dunia di X, dengan kedua tagar tersebut mencapai dua posisi teratas secara global. Penggemar dari berbagai komunitas K-Pop bergabung dengan BRIIZE untuk menuntut keadilan dan menarik perhatian terhadap apa yang mereka lihat sebagai perlakuan tidak adil terhadap Seunghan.

Dilansir dari Pop Base, bahkan akun Twitter/X RIIZE kehilangan lebih dari 14.000 pengikut setelah kepergian Seunghan dari grup tersebut.