Jordan Henderson
Olahraga

Hijrah ke Al Ettifaq, Gaji Jordan Henderson Naik Rp10,9 Miliar Per Pekan

  • Al Ettifaq akan memberikan gaji kepada Henderson sekitar 700 ribu Poundsterling per pekan atau setara Rp13,6 miliar.

Olahraga

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Bursa transfer pemain, Legenda Liverpool Jordan Henderson telah sepakat secara verbal menerima tawaran kontrak fantastis klub Arab Saudi, Al Ettifaq. 

Melansir Daily Mail, Jumat, 14 Juli 2023, demi meyakinkan sang pemain hijrah ke Arab Saudi. Al Ettifaq memberi penawaran gaji kepada Henderson sekitar 700 ribu Poundsterling per pekan atau setara Rp13,6 miliar (asumsi kurs Rp19.615,49 per Poundsterling). 

Maka, gaji per pekan yang diperoleh Henderson di Al Ettifaq meningkat Rp10,9 miliar dibandingkan dengan yang diterima di Liverpool. Sebelumnya, mantan kapten timnas Inggris itu mendapatkan upah sebanyak 141 ribu Poundsterling per pekan atau setara Rp2,7 miliar.

Dapat Restu dari Jurgen Klopp

Sementara itu, rencana kepindahan Henderson ke Al Ettifaq telah mendapatkan lampu hijau dari sang pelatih kepala Liverpool Jurgen Klopp. Kini sang pelatih asal Jerman itu menyerahkan semua keputusan kepada klub. 

“Jordan Henderson telah menerima tawaran kontrak besar dari Al Ettifaq setelah melakukan pembicaraan dengan Jürgen Klopp. Tetapi kesepakatan itu tergantung pada kesediaan klub Arab Saudi untuk memenuhi harga yang diminta Liverpool,” dikutip dari The Guardian.

Pasalnya, Al Ettifaq berharap dapat mengontrak Henderson secara gratis. Namun, Liverpool tetap menuntut biaya transfer sebesar 10 juta Poundsterling (Rp196 miliar), mengingat pemain 33 tahun itu masih terikat kontrak hingga 2025 mendatang. 

Kendati demikian, Liverpool terbuka untuk bernegosiasi dengan Al Ettifaq terkait biaya transfer. Jika transfer terealisasi, Henderson akan mengakhiri karir gemilang selama 12 tahun di Anfield.   

Profil Jordan Henderson

Jordan Henderson adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain sebagai gelandang tengah. Ia lahir pada tanggal 17 Juni 1990 di Sunderland, Inggris. Henderson dikenal karena kualitas kepemimpinannya, kecepatan kerja, kemampuan passing, dan keserbagunaannya di lapangan.

Henderson memulai karir mudanya di Sunderland dan melakukan debut senior pada 2008. Dia dengan cepat memantapkan dirinya sebagai pemain kunci untuk Sunderland dan menarik perhatian Liverpool FC. Pada Juni 2011, Henderson bergabung dengan Liverpool, menjadi salah satu pemain termahal klub saat itu.

Kurang lebih 12 tahun Di Liverpool, Henderson telah menikmati kesuksesan luar biasa dan telah menjadi bagian integral dari tim. Dia telah membuat lebih dari 400 penampilan untuk klub dan telah menjadi kapten tim sejak 2015. Di bawah kepemimpinannya, Liverpool telah memenangkan beberapa trofi utama, termasuk Liga Premier, Liga Champions UEFA, Piala Dunia Klub FIFA, dan Piala Super UEFA.