Mulai dari Johnny Depp Hingga Vladimir Putin, Ini 5 Nama Orang Paling Dicari di Google Selama Tahun 2022
Nasional

Hindari Aktifitas Mata-Mata, Putin Ogah Pakai Internet

  • Presiden Rusia Vladimir Putin secara historis dilaporkan menghindari penggunaan internet.
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

MOSKOW- Presiden Rusia Vladimir Putin secara historis dilaporkan menghindari penggunaan internet. Ini dilakukan lantaran dia khawatir orang-orang dapat memata-matai aktivitasnya.

Mengutip Insider Sabtu, 24 Desember 2022, pejabat AS yang tengah berada di Rusia mengatakan bahwa orang nomor satu Rusia itu telah lama menolak untuk online untuk menghindari pengawasan digital.

Karenanya, Ia kini kembali bergantung pada dokumen fisik yang disediakan oleh penasihat, termasuk materi yang sensitif terhadap waktu.

Kabar terbaru mengenai perang yang meletus dengan Ukraina dikabarkan memakan waktu berhari-hari untuk sampai ke telinga Putin. Bahkan, saat kabar tersebut tiba ke tangan Putin, mungkin kabar tersebut sudah kadaluarsa.

Adapun alur penyampaian kabar terkait perang pada Putin dimulai dari  komandan di garis depan, yang mengirimkannya ke Dinas Keamanan Federal (FSB), yang memberikannya ke Dewan Keamanan Rusia. Sekretaris dewan kemudian menyampaikan informasi tersebut kepada Putin.

Mengutip media setempat, Pemerintah Rusia sebelumnya pernah melaporkan pada 2020 lalu bahwa Putin kadang-kadang masih menggunakan internet. Meski demikian, ia tidak memakai smartphone yang kini banyak digunakan orang.

"Dia tidak memiliki smartphone, itu tidak mungkin," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov saat itu.

Sekadar informasi, tak lama setelah pasukan Putin menginvasi Ukraina pada akhir Februari, Kremlin mulai menindak akses ke situs dan platform media sosial asing dengan mendorong orang Rusia untuk mencari cara alternatif yang akan membiarkan mereka melewati pembatasan.

Menurut Freedom House , sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Washington, Rusia mengalami penurunan paling tajam dalam kebebasan internet tahun ini dibandingkan negara lain mana pun.