Petugas gabungan mengarahkan kendaraan saat uji coba penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 3 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Hindari One Way dan Contraflow, Ini Jalur Alternatif ke Cirebon dan Jateng

  • Sistem one way dan contraflow kembali diberlakukan untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2022 ke Jakarta guna mengurangi kemacetan.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Sistem one way dan contraflow kembali diberlakukan di Tol Trans Jawa untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2022 ke Jakarta guna mengurangi kemacetan.

Bagi pengendara yang akan berpergian ke Cirebon dan arah Jawa Tengah (Jateng), ada beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari sistem one way dan contraflow tersebut.

Dilansir dari keterangan pers Polri, Kamis, 5 Mei 2022, pengendara dari Jakarta bisa keluar di Gerbang Tol (GT) Karawang Barat kemudian memilih jalan raya Pantai Utara (Pantura), Jalan Raya Klari, Kosambi, Cikampek, Jomin, dan Pantura.

Opsi lainnya, pengendara juga bisa dari GT Karawang Timur lalu memilih Jalan Raya Klari, Kosambi, Jomin, lalu Pantura.

Jalur alternatif lainnya bisa keluar di GT Cikopo, kemudian Jomin, dan Pantura.

Adapun pemberalkuan one way dan contraflow yang telah dilakukan di antaranya GT Palimanan Utama KM 188 sampai Tol Jakarta Cikampek KM 47 pada Kamis, 5 Mei 2022.

Lebih rinci lagi, pemberlakuan tersebut dimulai pada pukul 11.00-24.00 WIB dari GT Palimanan Utama KM 188-KM 72 Cikampek dan dilanjutkan contraflow sampai Tol Jakarta-Cikampek KM 47.