Bosan Sering Tak Punya Uang? Lakukan 7 Hal Ini untuk Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda
Gaya Hidup

Hindari Prinsip YOLO, Ini 5 Hal yang Perlu Disiapkan saat Muda Agar Sejahtera di Hari Tua

  • Hindari prinsip YOLO, inilah 5 hal yang perlu disiapkan saat masih muda agar sejahtera di hari tua
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak anak muda yang ingin mampu pensiun muda atau pensiun lebih awal. Namun, tidak jarang anak muda yang menginginkan hal tersebut justru sering menghamburkan uang atau tidak mengatur uang dengan bijak dan terkesan menerapkan prinsip hidup YOLO (You Only Live Once).

Padahal, kunci untuk bisa sejahtera di hari tua adalah dengan meningkatkan kekayaan, belanja lebih sedikit, dan menyimpan uang lebih banyak. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini saat muda agar bisa lebih sejahtera di hari tua.

Membuat Rencana

Sebelum Anda ingin membangun kekayaan, Anda memerlukan sebuah rencana keuangan terlebih dahulu. Mulailah dengan membuat anggaran lalu realistislah tentang berapa banyak yang bisa Anda hemat di bulan dan tahun mendatang.

Kurangi Pengeluaran

Mungkin hal ini terkesan sepele dan sering diucapkan oleh banyak orang, akan tetapi hal ini benar-benar harus dilakukan karena sangat berpengaruh pada kesejahteraan Anda di hari tua. Mulailah dengan menemukan cara-cara untuk mengurangi pengeluaran seperti memasak di rumah daripada makan di luar, mengurangi pengeluaran untuk hiburan dan berlibur, atau membeli mobil bekas yang lebih tua agar tidak perlu membeli mobil dengan harga yang tinggi.

Ambil Pekerjaan Sampingan

Setelah Anda mulai mengetahui apa tujuan keuangan dan cara untuk mendapatkannya dengan memotong pengeluaran, langkah yang seharusnya dilakukan selanjutnya yaitu dengan meningkatkan penghasilan Anda.  

Bangun Dana Darurat

Saat Anda bekerja untuk membangun dan meningkatkan kekayaan, Anda bisa saja mengalami beberapa kejadian yang tidak terduga, seperti mobil yang rusak, perbaikan rumah, biaya rumah sakit, dan sebagainya. Sisihkan uang ekstra Anda di awal bulan saat membangun darurat. Jadi, ketika sesuatu terjadi, maka Anda bisa menggunakan uang tersebut dan tidak menambah utang berbunga tinggi dengan kartu kredit Anda.

Lunasi Utang Anda

Pada saat Anda berusia 50 tahun, penting untuk mulai berpikir tentang cara membangun kekayaan saat masa pensiun. Oleh karena itu, utang harus segera dilunasi agar saat Anda sudah pensiun, Anda sudah terbebas dari beban untuk melunasi utang.

Selain itu, Anda juga perlu untuk mendiversifikasi investasi dengan meletakkan uang dalam berbagai aset dan kelas aset. Contohnya seperti menggabungkan saham dengan investasi rendah hingga tanpa risiko.

Itu tadi beberapa hal yang harus dipersiapkan saat Anda masih muda agar tetap sejahtera saat di hari tua dan pensiun. Selamat mencoba.