CLEO pasang PLTS Atap Xurya untuk terapkan prinsip ESG di perusahaan
Energi

Hingga Akhir 2023, Xurya Pasang PLTS Atap di Lebih dari 100 Perusahaan

  • Start up energi terbarukan, Xurya mengumumkan capaian kinerja positif sepanjang tahun 2023.
Energi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Start up energi terbarukan, Xurya mengumumkan capaian kinerja positif sepanjang tahun 2023.  Hingga sekarang, Xurya telah mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di lebih dari 100 perusahaan. 

Secara rinci, jumlah PLTS atap yang telah beroperasi mencapai 150 proyek dan tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Keseluruhan proyek tersebut telah memproduksi lebih dari 166 juta kWh/tahun energi bersih dan dengan demikian membantu penekanan emisi karbon setara 148 juta kilogram per tahun. 

Tidak hanya itu, Xurya juga dipandang sebagai salah satu dari 100 startup yang prospektif dan inovatif oleh Majalah Forbes Asia edisi tahun 2023. Sebagai contoh, saat menjalankan kegiatan operasional, Xurya selalu memaksimalkan penggunaan teknologi internet of things (IoT). 

“Dengan demikian, tim operasional Xurya dapat dengan mudah memantau puluhan proyek instalasi dan performa ratusan proyek yang telah beroperasional di seluruh Indonesia,” kata Eka Himawan, Managing Director Xurya dalam keterangan resmi, Rabu 10 Januari 2023.

Baca Juga: PLN Jawa Barat Gandeng Xurya Jual Sertifikat EBT (REC)

Sebagai contoh, tahun lalu Xurya berkolaborasi dengan PLN Icon Plus dan PLN UID Jabar. Melalui kolaborasi tersebut, Xurya dan PLN akan merancang solusi energi terbarukan yang efisien serta menciptakan ekosistem yang mampu mendukung pertumbuhan infrastruktur energi terbarukan di Indonesia. 

Untuk diketahui, potensi PLTS atap secara nasional mencapai 32,5 gigawatt (GW) dari pelanggan golongan rumah tangga, industri, bisnis, sosial, maupun pemerintah dengan pemanfaatannya baru mencapai sekitar 80 megawatt peak (MWp) di akhir 2022.

Meskipun potensi energi surya nasional mencapai 32,5 GW, yang dimanfaatkan untuk PLTS baru 260 MW. Pemanfaatan PLTS atap pelanggan PLN secara nasional per Oktober 2022 mencapai 71,35 MW yang berasal dari 6.261 pelanggan.