Hobi Traveling? Intip Cara Mudah Menabung untuk Liburan
Gaya Hidup

Hobi Traveling? Intip Cara Mudah Menabung untuk Liburan

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tabungan liburan. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri traveling atau liburan adalah suatu hal yang menyenangkan. Akan tetapi, ketika Anda tumbuh dewasa Anda juga perlu menyadari bahwa liburan atau traveling itu tidak gratis dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Liburan memang sangat bermanfaat, apalagi bagi kesehatan mental. Hal ini karena di saat liburan Anda bisa mengistirahatkan pikiran serta rehat dari kesibukan sehari-hari.

Namun, jangan sampai rencana liburan Anda menjadi bencana karena Anda berutang demi bisa liburan. Anda sebaiknya merencanakan liburan dengan menabung. Berikut penjelasannya.

Cara Menabung untuk Liburan

Cara Menabung untuk Liburan

Berikut beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menabung agar bisa liburan dengan tenang.

1. Buka Rekening Tabungan Liburan

Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum merencanakan liburan adalah dengan membuat rekening tabungan. Rekening ini hanya digunakan untuk pengeluaran yang terkait liburan dan harus dipisahkan dari bank untuk keperluan Anda sehari-hari. Anda juga perlu membuka akun dengan saldo minimum yang rendah.

2. Otomatiskan Tabungan

Untuk mempermudah menabung, Anda bisa mencoba menyetel transfer bank otomatis ke rekening liburan Anda sebulan sekali atau setiap setelah gajian. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan Anda lupa menyimpan uang dan memungkinkan Anda untuk mengatur dan melupakannya.

3. Tetapkan Tujuan Keuangan

Tujuan rekening liburan ini penting untuk memahami ke mana Anda pergi dan berapa banyak uang yang harus Anda miliki. Dengan kata lain, Anda perlu menyesuaikan liburan Anda dengan anggaran Anda.

4. Kerjakan Anggaran 

Menabung untuk liburan membutuhkan banyak hal dan itu bisa membuats tres. Mengetahui dari mana uang itu berasal akan membuat hal tersebut jadi lebih mudah untuk dikerjakan.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk memeriksa anggaran Anda untuk melihat apakah ada pengeluaran yang dapat Anda kurangi atau hilangkan dan ganti dengan tabungan liburan.

5. Hasilkan Uang Tambahan

Setelah Anda memotong pengeluaran dan menabung, Anda bisa melakukan pendekatan untuk memperoleh uang tambahan yaitu dengan melakukan pekerjaan sampingan. Hal ini akan membantu Anda untuk segera memperoleh uang yang diperlukan untuk memenuhi biaya liburan Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tabungan liburan. Selamat mencoba.