Peluncuran Holding BUMN Pangan dilaksanakan Kawasan Kota Tua, Jakarta oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang didampingi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan dihadiri jajaran Holding BUMN Pangan, Rabu, 12 Januari 2022.
Nasional

Holding BUMN Pangan ID Food Lakukan Transformasi Bisnis, Termasuk Jual Anak Usaha

  • Holding BUMN ID Food berencana melakukan tranformasi lanjutan untuk memajukan pangan Indonesia.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Holding Pangan ID Food berencana melakukan tranformasi lanjutan untuk memajukan pangan Indonesia setelah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) holding pangan dibentuk pada awal 2022.

Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan langkah transformasi pengembangan bisnis akan ditargetkan selama 2022-2024. Selain itu akan dilakukan juga perampingan beberapa anak perusahaan atau divestasi.

"Adapun langkah transformasi lanjutan dalam memajukan pangan di beberapa sektor sudah kami siapkan rinciannya," kata Frans dalam keterangan resmi, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Lebih rinci, tranformasi ini dibagi dalam beberapa macam. Untuk mendukung swasembada, transformasi yang dilakukan perseroan yakni smart farming 12 hektare (ha) di lahan tebu di Jawa Barat.

Langkah ini menggunakan budidaya tebu berteknologi full mekanisasi remote sensing yang diharapkan mampu meningkatkan akurasi penanaman dan hasil produksi tebu yang baik.

Di komoditas pagd akan dilakukan pengembangan lahan di Sukamandi, Subang dengan menciptakan integrated farming. Lahan padi tersebut akan terintgerasi dengan pengolahan Pajale, pengelolahan limbah menjadi pupuk dan pallet, serta pusat pengembangan benih unggul.

Pada sektor perternakan, dilakukan pengembangan ekosistem bisnis unggas seperti ayam DOC secara terintegrasi.

Serta dilakukan pengembangan penggemukan hewan ternak sapi yang dilakukan terintegrasi dengan jaringan peternak rakyat.

Sedangkan pada sektor perikanan, perseroan akan melakukan revitalisasi cold storage untuk meningkatkan kapasitas unit pengolahan ikan (UPI). Kemudian, sektor garam akan dilakukan modernisasi tambang garam untuk mendukung peningkatan ladang garam melalui proses mekanisasi panen.