Nampak sejumlah pengunjungi tengah melihat serta mencari informasi produk dan layanan Home Credit di Arena Jakarta Fair Kemayoran (JFK) , 22 Juni 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
IKNB

Home Credit Salurkan Pembiayaan Rp9,3 Triliun Sepanjang 2023

  • PT Home Credit Indonesia berhasil mencatatkan pencapaian yang mengesankan dengan mencapai volume pembiayaan sekitar Rp9,3 triliun sepanjang tahun 2023.
IKNB
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Home Credit Indonesia berhasil mencatatkan pencapaian yang mengesankan dengan mencapai volume pembiayaan sekitar Rp9,3 triliun sepanjang tahun 2023.

Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 11 persen secara tahunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu sekitar Rp 8,4 triliun pada tahun 2022. 

Chief Product Officer Home Credit Indonesia, Manu Pal, menjelaskan bahwa kinerja positif ini dapat tercapai berkat komitmen perusahaan dalam memperluas akses layanan pembiayaan kepada masyarakat.

Manu mengungkapkan bahwa pertumbuhan ini didorong oleh aneka layanan keuangan yang telah digunakan oleh sekitar 6,2 juta pelanggan di Indonesia. 

Home Credit telah berhasil menjangkau masyarakat melalui layanan pembiayaan yang kini tersedia di sekitar 22.000 toko mitra yang tersebar di 223 kota.

"Kinerja itu dapat tercapai berkat komitmen perusahaan memperluas akses layanan pembiayaan kepada masyarakat. Layanan Home Credit kini tersedia di sekitar 22.000 toko mitra di 223 kota," kata Manu dikutip dari pernyataan resmi, Senin, 12 Februari 2024. 

Manu Pal juga menegaskan bahwa Home Credit akan terus bekerja sama dengan lebih banyak mitra bisnis, termasuk produsen, peritel besar, toko skala menengah, dan kecil. 

Baru-baru ini, perusahaan ini menjalin kerjasama dengan merek-merek ternama seperti HP untuk pembiayaan perangkat elektronik seperti laptop, serta dengan Airland untuk pembiayaan berbagai produk kasur. 

Ini menambah daftar mitra terkemuka Home Credit, yang sudah termasuk iBox untuk produk Apple, Sharp untuk perangkat elektronik, dan masih banyak lagi.

Selain ekspansi mitra bisnis, Home Credit juga terus mengembangkan layanannya. Paylater Home Credit BayarNanti, misalnya, telah diaktifkan oleh lebih dari 700.000 akun. 

Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keperluan sehari-hari dengan metode pembayaran QRIS di lebih dari 25 juta merchant di Indonesia. 

Selain itu, pelanggan dapat menggunakan Paylater Home Credit untuk membeli pulsa atau paket data, membayar tagihan listrik, air, dan internet. 

Layanan ini juga telah diperluas ke e-commerce terkemuka, Blibli, sejak akhir Desember 2023, memberikan kemudahan bagi pelanggan Home Credit dalam bertransaksi online.

Tidak hanya itu, Home Credit juga menawarkan layanan proteksi (asuransi) yang telah mencapai lebih dari 13 juta kontrak pelanggan hingga Desember 2023. 

Kerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi memastikan bahwa pelanggan Home Credit dapat menikmati perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebagai tambahan, Home Credit menghadirkan berbagai promo menarik bagi pelanggan yang menggunakan layanan pembiayaan barang. 

Salah satu promo yang banyak diminati pelanggan adalah untuk pembelian matras di Informa, dengan potongan harga hingga Rp 100.000 dan bebas 1 kali cicilan dari Home Credit jika pembayaran cicilan dilakukan tepat waktu setiap bulannya. 

Perlu dicatat bahwa Home Credit kini merupakan bagian integral dari ekosistem Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) setelah diakuisisi oleh Bank of Ayudhya Public Company Limited (Krungsri) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk pada tahun 2023.